Bupati Koltim Kukuhkan Pengurus LPPD Koltim Periode 2020-2025

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Bupati Kolaka Timur (Koltim), Andi Merya Nur, S.IP, mengkukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Kolaka Timur periode 2020-2025. Pengukuhan berlangsung di Aula Kantor Bupati, pada Rabu (16/6/2021).

Bupati Andi Merya Nur dalam sambutannya mengatakan, sebagiamana kita ketahui LPPD Koltim telah dibentuk dan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Koltim melalui Peraturan Bupati (Perbup) Kolaka Timur dengan nomor 5 tahun 2015, dan salah satu kegiatan dari LPPD adalah Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi).

“Dalam Pesparawi kata pesta dimaksudkan sebagai kegiatan yang bersifat perayaan ritual yang dibarengi dengan ucapan syukur dan rasa gembira yang bersifat rohani, bukan dalam pengertian pesta ria yang merupakan foya-foya yang bersifat jasmaniah. Pesta dalam pengertian ini identik dengan festival,” tutur Bupati Andi Merya.

Bupati Merya juga menyebutkan, Pesparawi adalah pesta iman dan bagian dari bentuk kesyukuran. Pesparawi terutama mengandung unsur perbandingan mutu menyanyi paduan suara bukannya kompetisi yang saling menjatuhkan. Kelebihan salah satu kelompok hendaknya menjadi pendorong bagi kelompok lainnya untuk meningkatkan mutu nyanyian dan paduan suara.

Ditambahkannya, disamping itu Pesparawi merupakan sarana untuk meningkatkan kesadaran beragama dalam kehidupan beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Pesparawi merupakan sarana kesaksian sebagai wujud partisipasi umat kristiani dalam pembangunan, khususnya di bidang mental spiritual dalam upaya mencapai masyarakat adil dan makmur serta sejahtera.

Dijelaskan, bahwa Pesparawi sendiri adalah bagian dari kegiatan pembinaan mental dan spiritual, moral dan etika umat kristen, sekaligus sebagai salah satu perwujudan iman kristen dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dan Pesparawi juga adalah bagian yang tidak terpisahkan dari ibadah gerejawi, sekaligus merupakan ungkapan rasa syukur dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. (rul/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

205 views

Next Post

Desa Poduwoma Kukuhkan FKKS dan Pokja Desa Sehat

Jum Jun 18 , 2021
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Para anggota Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan/Desa Sehat Desa Poduwoma tahun 2021, dikukuhkan pada Kamis (17/6/2021), di Aula serbaguna Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango. Komentar anda :