Bupati Gorontalo Jalin Kerjasama dengan Kanada Guna Kembangkan Produk Unggulan Daerah

Bagikan dengan:
Wartawan: Faizal Ns~
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, LIMBOTO: Dengan mengusung tema “Peluncuran Panduan Standarisasi Mutu Pengolahan Minyak Kelapa”, Pemda Kabupaten Gorontalo dan pelaku usaha melakukan kolaborasi guna meningkatkan mutu produksi minyak kelapa.

Kegiatan yang dilaksanakan Senin (13/8/18) di Aula Yiladia Rumah Dinas Bupati Gorontalo ini, dihadiri oleh Nelson Pomalingo dan sederet tamu undangan yakni Bappenas, NSLIC, dan GAC.

Sebelumnya, di daerah Gorontalo sendiri sudah banyak industri rumahan yang menghasilkan minyak kelapa dengan berbagai macam variasi, seperti minyak VCO, minyak goreng kampung, dan juga produk lainnya. Sehingga, diharapkan melalui kegiatan ini industri pengolahan minyak kelapa yang ada di Gorontalo akan semakin meningkat, mengingat minyak kelapa merupakan kebutuhan pokok yang sangat diperlukan oleh semua orang.

Berkaitan dengan hal ini, Bupati Gorontalo juga bermaksud memberi ruang yang besar kepada setiap pelaku usaha untuk bisa membuka lapangan kerja dengan cara membangun industri pengolahan minyak kelapa, agar supaya dapat menekan jumlah pengangguran di daerah Gorontalo.

Selain itu, setiap industri pengolahan minyak kelapa yang mampu menghasilkan produk minyak kelapa berkualitas tinggi, dianggap dapat memicu persaingan ketat dengan industri minyak sawit di pasaran.

“Kemarin saya menerima bantuan dari Arab Saudi, tadi malam kerjasama dengan Jepang dan hari ini dengan Kanada. Karena hari ini ada kaitannya dengan pengembangan investasi dan pengembangan produk unggulan daerah. Semuanya ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran,” ujar bupati ketika diwawancarai oleh tim DM1 beserta awak media lainnya.

Pihak Kanada pun membenarkan adanya kerjasama ini, dimana program pengembangan ekonomi lokal dan program pengembangan investasi merupakan bagian dari kelanjutan program kerjasama antara Kanada dengan Sulawesi, khususnya Gorontalo. (isal/avi/dm1)

Bagikan dengan:

Dewi DM1

2,420 views

Next Post

Nelson Upayakan Upacara Geladi Bersih Sambut HUT RI ke-73

Rab Agu 15 , 2018
Wartawan: Faizal Ns~ Editor: Avi| DM1.CO.ID, LIMBOTO: 2 hari menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-73, Kabupaten Gorontalo menggelar upacara geladi bersih yang dilaksanakan di Lapangan Sport Centre Limboto pada Rabu (15/08/18).