Bupati Darwis Terima Kunjungan KPK-RI

Wartawan : Kisman Abubakar~
Editor : Vita Pakai ||

DM1.CO.ID, BOALEMO:  Dalam rangka melakukan monitoring evaluasi rencana dan implementasi pemberantasan korupsi terintegrasi, Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) berkunjung di Kabupaten Boalemo, Selasa (3/4/2018).

Kunjungan tim Deputi Pencegahan KPK-RI tersebut disambut hangat oleh Bupati Boalemo, Darwis Moridu dan jajaran Kepala SOPD lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Boalemo.

Nampak Bupati Darwis berbincang santai dengan tim KPK, suasana keakraban serta kekeluargaan menyelimuti ruang Vikom Kantor Bupati.

Kunjungan tim KPK tersebut adalah kunjungan biasa dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahim dan sinergitas Pemerintah Daerah Boalemo dengan KPK, dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar tetap kondusif, khususnya dalam pemberantasan kasus korupsi di Kabupaten Boalemo.

Divisi Pencegahan dan Penindakan KPK, Mohammad Indra Furqon menjelaskan, tujuan kedatangan tim KPK di Boalemo adalah bukan untuk menakut-nakuti melainkan program tersebut sebagai upaya menurunkan angka tindak pidana korupsi, membangun budaya transparansi, akuntabilitas dan integritas, sehingga diharapkan mewujudkan pencegahan korupsi secara terintegrasi tersebut, seluruh jajaran pemerintah daerah dan lembaga-lembaga penyelenggara negara, khususnya di jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Boalemo.

“Kami datang berkunjung di Boalemo bukan untuk semata-mata menakut-nakuti atau mencari-cari celah, tapi kami datang dalam rangka pencegahan dan berusaha membantu tata kelola data-data pemerintah daerah melalui pembinaan terutama dalam pengelolaan keuangan di lingkungan Pemda Kabupaten Boalemo,” jelas Indra.

Kunjungan tersebut sebagai monitoring dan evaluasi realisasi rencana aksi program pemberantasan korupsi teritegrasi, yang telah menyusun rencana aksi pencegahan korupsi di empat bagian utama pada perencanaan anggaran, pengadaan barang dan jasa, perizinan, dan penguatan Inspektorat atau aparat pengawasan internal Pemerintah Kabupaten Boalemo.

“Kami berharap Inspektorat harus kuat, bisa menjaga Bupati, Sekertaris Daerah, dan seluruh SOPD dalam hal-hal yang kita tidak inginkan. Inspektorat harus menjadi benteng dan harus memberikan nasehat kepada seluruh SOPD agar tidak terjadi pelanggaran penyelewengan. Karena Inspektorat merupakan mitra dari KPK di daerah, maka dari itu dia harus independent dan terlebih dia harus mampu berkordinasi dengan APH, serta menjalin hubungan baik,” tegas Indra.

Pada kesempatan itu, Bupati Darwis Moridu, mengucapkan rasa terima kasih kepada Tim Divisi Pencegahan KPK-RI karena sudah berkunjung dan memberikan arahan bagi Pemda Kabupaten Boalemo.

“Mudah-mudahan hubungan ini bisa kita jaga dan Pemda Kabupaten Boalemo akan selalu berkoordinasi dengan Tim KPK-RI dalam pencegahan, penindakan dan tata kelola keuangan di lingkungan Pemda Kabupaten Boalemo,” Tukas Darwis.

 

(kab/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

5 views

Next Post

Serahkan SK Plt. Direktur PDAM Tirta Boalemo yang Baru, Ini Pesan Bupati Darwis!

Jum Apr 6 , 2018
DM1.CO.ID, BOALEMO: Bupati Darwis Moridu melantik dan menyerahkan Surat Keputusan tentang Jabatan Plt. Direktur PDAM Tirta Boalemo. Serah Terima Jabatan (Sertijab) dilaksanakan di ruang Kantor PDAM Tirta Boalemo, Kamis (5/4/2018). Komentar anda :