Bidang Cipta Karya PUPR Buol Yakini Semua Pekerjaan Tuntas Desember 2020

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BUOL: Masa anggaran tahun 2020, sebentar lagi akan berakhir, sejumlah proyek ataupun pekerjaan fisik di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, juga tampak terus dipacu.

Khusus proyek-proyek yang menjadi ruang lingkup Bidang Cipta Karya di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Buol, sesuai Peraturan Bupati Nomor 51 Tahun 2018, tercakup dalam 3 seksi. Yakni, Seksi Perencanaan dan Pengawasan Teknis Keciptakaryaan; Seksi Tata Bangunan dan Lingkungan; serta Seksi Sarana Prasarana Air Bersih dan Air Minum, Sanitasi dan Penyehatan Lingkungan Permukiman.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPR Buol, Ahmad Yani, ST, saat bincang-bincang dengan wartawan DM1 Biro Buol, mengungkapkan garis-garis besar kondisi capaian sejumlah proyek anggaran 2020.

“Kalau untuk 2020 ini kegiatan masih sementara jalan. Yang paling besar adalah (pekerjaan) Masjid Agung. InsyaAllah Desember 2020 ini bisa segera diresmikan. Dan saat ini sudah pada tahap finishing. Karena berakhir kontraknya kan November 2020,” ujar Ahmad Yani, di ruang kerjanya, pada Selasa (17/11/2020).

Pekerjaan lain yang pembiayaannya bersumber dari DAK, menurut Ahmad Yani, kondisi progresnya berada pada 70 persen. “Saat ini tidak ada capaian yang di bawah 50 persen. InsyaAllah Desember 2020 ini sudah selesai semua,” ungkapnya.

Ahmad Yani menyebutkan, khusus pekerjaan sarana prasarana air bersih dan air minum, terdapat 5 paket pekerjaan yang tersebar di sejumlah kecamatan, di antaranya di Tiloan, Palele, dan di Bukal.

Bahkan saat ini, kata Ahmad Yani, ada pekerjaan sarana prasarana air bersih dan air minum yang sudah mencapai progres 100 persen. “Yang sudah 100 persen kegiatan hibah air minum, Pagu Rp.3 Miliar yang tersebar di delapan desa,” beber Ahmad Yani.

Untuk paket pekerjaan air bersih dalam kota terkait Covid, lanjut Ahmad Yani, capaian progresnnya sudah berada pada kondisi 90-an persen. “Masih ada pekerjaan aksesoris yang belum terpasang. Dan sekarang masih sementara proses pemeriksaan BPK juga,” katanya.

Selain itu, Ahmad Yani juga menyebutkan, untuk tahun 2021 terdapat rencana rehab Kantor Bupati Buol dengan anggaran sekitar Rp.3 Miliar.

“Pada tahun anggaran 2021 juga masih ada usulan air bersih sekitar lima paket, yang juga tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Lakea, Palele, dan lain-lain,” jelasnya.

Ahmad Yani  juga menguraikan rencana pekerjaan anggaran 2021 yang meliputi kegiatan sanitasi 5 paket. Yakni, 2 paket di dalam kota, Lakea 2 paket, dan di Winangun 1 paket.

Secara umum, Ahmad Yani berharap, agar apa yang sudah direncanakan untuk tahun anggaran 2021 tersebut, dapat seluruhnya berjalan dengan lancar.

Olehnya itu Ahmad Yani juga  menaruh harapan ke depan, kiranya masalah pandemik Covid19 ini bisa cepat berlalu. “Karena masalah virus ini sangat berpengaruh kepada anggaran,” ujar Ahmad Yani seraya juga meminta dan mengajak kepada pihak ketiga agar dapat lebih meningkatkan kualitas pekerjaannya secara profesional. (cal/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: