Anggota DPRD ini Ingatkan Bupati Boalemo: “Jangan Semau Gue!”

DM1.CO.ID, BOALEMO: Satu persatu tokoh masyarakat berpengaruh dan elit-elit di Kabupaten Boalemo, nampaknya mulai gerah dengan ulah Bupati Boalemo yang dinilai kerap bertindak semena-mena.

Setelah disoroti tajam oleh Pembina Dewan Adat di daerah ini, Bupati Boalemo kini mendapat “peringatan” dari seorang anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Ulul Azmi Kadji. Yakni, terkait pelaksanaan mutasi dan non-job bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang selama ini bertubi-tubi (sangat giat) dilakukan oleh Bupati Boalemo, Darwis Moridu.

Ulul menegaskan Bupati Darwis agar tidak sewenang-wenang melakukan mutasi, apalagi sampai menon-jobkan ASN secara semena-mena hanya dengan dasar suka atau tidak suka.

(Baca Berita terkait: Bupati Boalemo Dinilai “Menganiaya” Sejumlah ASN, Nizam: Darwis “Membabi Buta”)

Mengenai mutasi ASN, Ulul mengaku itu wajar dilakukan oleh seorang kepala daerah apabila sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam peraturan perundang-undangan.

Ulul pun mengingatkan agar jangan sampai mutasi dan non-job itu dilakukan “semau gue”, yang justru akan berdampak buruk bagi stabilitas pemerintahan itu sendiri.

Sebelum melakukan rolling (mutasi jabatan), kata Ulul, terlebih dulu wajib dilakukan pertimbangan secara matang. “Tentunya berdasarkan aturan-aturan yang berlaku,” lontar Ulul, Kamis (10/01/2019).

Dengan adanya sejumlah ASN Boalemo yang melayangkan surat aduan ke Ombudsman hingga ke Komisi ASN, Ulul pun mengaku mencium adanya ketidakberesan dan kesewenang-wenangnya dalam melakukan mutasi dan nonjob.

(Baca Berita terkait lainnyaBupati Darwis Dinilai “Durhaka” Kepada Rakyat)

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo dari Dapil Boalemo inipun menegaskan, hendaknya kepala daerah tidak mempertontonkan “kebodohan” yang menganggap kekuasaannya tanpa batas.

Ulul mengingatkan kepala daerah dalam menjalankan birokrasi (pemerintahan) hendaknya tidak dilakukan seperti perusahaan milik pribadi.

“Ini birokrasi, jangan mentang-mentang pimpinan tertinggi (di daerah) lalu melakukan tindakan ‘Semau gue’ menonaktifkan bawahan (ASN),” tegas Ulul.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Boalemo inipun mengajak semua pihak, termasuk anggota DPRD, LSM, Pers maupun mahasiswa di daerah itu agar tidak mandul dalam melakukan kontrol sosial terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo apabila diketahui sedang berada di jalur yang salah.

“Saya berharap agar teman-teman DPRD, mahasiswa, LSM, dan Pers agar lebih pro-aktif dalam melakukan kontrol sosial atas kebijakan Pemda Boalemo yang lagi-lagi salah arah ini,” imbau Ulul.

Terkait sikap Bupati Darwis yang dinilai ‘semau gue’ (seenaknya) melakukan mutasi dan non-job kepada sejumlah ASN, Ulul secara khusus pun mempertanyakan peran dan fungsi Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) yang sangat terkesan “mandul”. (kab/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

6 views

Next Post

Bupati Darwis Dinilai "Durhaka" Kepada Rakyat

Sab Jan 12 , 2019
DM1.CO.ID, BOALEMO: Akhir-akhir ini, boleh dikata sebagian besar rakyat Kabupaten Boalemo dari berbagai lapisan, mengeluhkan sikap Bupati Boalemo (Darwis Moridu) yang dinilai sangat jelas terkesan memimpin secara otoriter. Komentar anda :