Walikota Marten Ingin Lebih Fokuskan Kualitas Pendidikan

Wartawan: Alfisahri Pakaya-
Editor: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang diandalkan dalam meningkatakan kualitas sdm di Kota Gorontalo. Melalui program gratis biaya pendidikan, keterbatasan ekonomi tidak lagi menjadi kendala bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya pada berbagai jenjang pendidikan di Kota Gorontalo yang turut berdampak positif terhadap peningkatan APK/APM di Kota Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan Walikota Gorontalo, Marten Taha, saat menghadiri sekaligus memberi sambutan pada HUT SMP Negeri 6 Gorontalo ke-38, Sabtu (8/4/2017).
Walikota Marten Taha menyebutkan, selain membuka akses terwujudnya pemerataan kesempatan mengenyam pendidikan bagi seluruh anak usia sekolah, Pemerintah Kota Gorontalo juga semakin memfokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan di Kota Gorontalo.

Marten mengungkapkan, tingkat kelulusan siswa dalam 2 tahun terakhir di Kota Gorontalo berhasil mencapai 100%, dan termasuk dalam kategori tingkat integritas yang tinggi secara nasional.

Keberhasilan ini, katanya, ditunjang oleh tata kelola penyelenggaraan pendidikan yang semakin baik.

Melalui penerapan cyber school, menurut Marten Taha, telah memotivasi seluruh insan pendidikan baik siswa, guru, tenaga kependidikan bahkan orangtua siswa untuk menyelenggarakan berbagai aktivitas dan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Lebih jauh Walikota Marten Taha memaparkan bahwa, saat ini sesuai amanat Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, urusan sekolah menengah atas atau sederajat telah menjadi kewenangan pemerintah provinsi, sehingga secara kuantitas urusan Pemerintah Kota Gorontalo di sektor pendidikan semakin berkurang.

Kondisi ini, menurut Marten, bukan berarti tugas mengembangkan sektor pendidikan oleh Pemerintah Kota Gorontalo menjadi ringan, karena seiring dengan itu harapan akan peningkatan kualitas jauh lebih besar dari sebelumnya.

Dan hal inilah, katanya, yang mendorong Pemerintah Kota Gorontalo saat ini untuk semakin fokus pada upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan melalui berbagai inovasi program dan kebijakan di sektor pendidikan. “Apa yang menjadi program tetap diteruskan,” ujarnya.

Walikota Marten Taha pun berharap kepada seluruh insan pendidikan, baik guru maupun tenaga kependidikan yang selama ini telah memberikan kontribusi besar terhadap dunia pendidikan di Kota Gorontalo, untuk terus mengejahwantahkan pengabdian dan meningkatkan inovasi program dan kebijakan di sektor pendidikan.

Sejalan dengan itu, lanjut Marten, dalam meningkatkan kualitas peserta didik yang sangat dipengaruhi oleh peningkatan kualitas para pendidik dan tenaga kependidikan, maka Pemerintah Kota Gorontalo mensupport dunia pendidikan di Kota Gorontalo untuk menciptakan suasana lingkungan sekolah, yang memberikan harapan lebih besar bagi guru-guru yang memiliki kompetensi dalam rangka mentransfomasi pengetahun dan keterampilan kepada anak didik.

(alfi/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.011 views

Next Post

Kota Timur Juara Umum STQ ke-24 Kota Gorontalo

Jum Apr 14 , 2017
Wartawan: Alfisahri Pakaya Editor: AMS DM1.CO.ID, GORONTALO: Setelah digelar selama lima hari di Kelurahan Dulalowo-Kecamatan Kota Tengah, ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-24 tingkat Kota Gorontalo, akhirnya ditutup secara resmi oleh Walikota Gorontalo Marten Taha, Selasa malam (11/4 2017). Komentar anda :