Wagub Gorontalo dan Wabup Boalemo Resmikan Pelepasan Kapal Tol Laut Kendhaga Nusantara

Bagikan dengan:
Wartawan: Kisman Abubakar~ Editor: Avi|

DM1.CO.ID, BOALEMO: Tol laut untuk apa? Sekali lagi ini mobilitas manusia, mobilitas barang. Harga transportasi yang lebih murah, biaya logistik yang lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun.

Pernyataan perihal tujuan dibuatnya program tol laut tersebut, disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya, pada April 2016 silam.

Untuk menyukseskan program tol laut Presiden Jokowi tersebut, Pemerintah Provinsi (Pem-prov) Gorontalo pun secara resmi melepas kapal tol laut “Kendhaga Nusantara” di pelabuhan Tilamuta, Kamis (01/11/2018).

Pelepasan kapal tol laut Kendhaga Nusantara tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Boalemo, Anas Yusuf.

Turut hadir pada acara tersebut, di antaranya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Tilamuta, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Jakarta LOY’D, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Boalemo.

Pada kesempatan itu, Idris Rahim mengungkapkan, pemberangkatan secara perdana kapal tol laut Kendhaga Nusantara merupakan salah satu wujud nyata program Nawacita Presiden.

Tak hanya itu, kata Idris Rahim, kegiatan tol laut juga akan berdampak pada harga bahan pokok yang semakin merata.

“Kita patut mengapresiasi terhadap program Nawacita Presiden seperti halnya tol laut. Pemberangkatan kapal Kendhaga Nusantara yang dilakukan di pelabuhan Tilamuta, tentunya akan berdampak positif terhadap berbagai aktivitas masyarakat ke depan,” jelas Idris Rahim.

Selaras dengan ungkapan Wagub Gorontalo, Anas Yusuf juga mengapresiasi pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Tilamuta, karena telah mempercayakan pelabuhan Tilamuta sebagai tempat pelayaran perdana kapal Kendhaga Nusantara.

Wabup Boalemo itu pun berharap, dengan dibukanya jaringan trayek baru yang berpangkalan di Bitung, Tilamuta, Parigi sampai dengan Ampana Sulawesi Tengah, hendaknya mampu meningkatkan arus transportasi laut khususnya di kawasan Teluk Tomini. (kab/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: