Upacara HUT RI ke-75: Pemkot Gorontalo Serahkan KTP, KK dan Akte Kelahiran

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Meski dilakukan secara sederhana dan sangat terbatas karena mencegah penularan Covid19, namun upacara HUT Proklamasi RI ke-75 tingkat Kota Gorontalo tetap berlangsung dengan khidmat.

Upacara yang digelar di Lapangan Buladu, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo itu juga diwarnai dengan penyerahan e-KTP (KTP elektronik) kepada sejumlah warga yang pada momen tersebut tepat berusia 17 tahun.

“Ada dua warga Kota Gorontalo yang diserahkan KTP elektronik pada peringatan HUT Proklamasi RI kemarin. Kebetulan meraka tepat berusia 17 tahun pada hari itu,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kota Gorontalo, Syamsudin Ibrahim, pada Selasa (18 Agustus 2020).

Syamsudin mengungkapkan, selain memberikan KTP kepada kedua anak yang masih berstatus pelajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) itu, pihak Dukcapil juga menyerahkan Kartu Keluarga (KK) baru kepada kedua orang tua anak tersebut.

Syamsudin menjelaskan, Kartu Keluarga penduduk itu diterbitkan karena ada perubahan  dokumen bagi yang bersangkutan yang perlu dilakukan pembaharuan.

Syamsudin juga menyatakan, bahwa Pemerintah Kota Gorontalo memberikan perhatiannya seperti itu, sebab kedua pelajar itu berasal dari keluarga yang kurang mampu. Sehingga, menurut Syamsudin, wajib memperoleh perhatian dari pihak  Dukcapil.

“Pemerintah  Kota Gorontalo  memiliki program pro rakyat, jadi tepat dalam momen seperti ini diaktualisasikan untuk kepentingan masyarakat, khususnya mereka yang kurang mampu,” jelas Syamsudin.

Tak hanya KTP dan KK, Dinas Dukcapil juga memberikan akte kelahiran kepada bayi melalui ibu masing-masing yang melahirkan pada tanggal 17 Agustus 2020, beserta bingkisan.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, mengaku salut dengan inisiatif yang diperlihatkan oleh Dinas Dukcapil tersebut.

Didampingi Wakil Wali Kota Ryan Kono, Sekda Ismail Madjid beserta unsur Forkopimda Kota Gorontalo, Wali Kota Marten Taha pada momen itu juga menyerahkan piagam tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI kepada sejumlah ASN yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun, berikut SK bagi yang telah memasuki masa purna tugas.

“Kepada mereka yang akan memasuki purna tugas, kami ucapkan terima kasih atas darma baktinya untuk Kota Gorontalo, bapak dan ibu telah berkontribusi bagi pembangunan daerah, bangsa dan negara,” ujar Wali Kota Marten Taha. (res/dm1).

Komentar anda :
Bagikan dengan: