Soal Sampah Pasar Senggol Kota Gorontalo, Ini Solusi Budi Doku

Wartawan: David Mohamad~
Editor: AMS|

DM1.CO.ID, GORONTALO: Di kawasan Pasar Senggol Kota Gorontalo selalu dipenuhi sampah yang berserakan di mana-mana. Dan pemandangan jorok ini dapat disaksikan setiap tahun. Yakni, di saat sebelum dan sesudah menunaikan shalat Idul Fitri di sisi Barat dan Selatan Masjid Baiturrahim, Kota Gorontalo.

Tahun lalu Wakil Walikota Gorontalo, Budi Doku, bahkan sempat menayangkan siaran langsung via Facebook tentang kondisi sampah yang berserakan di kawasan Pasar Senggol tersebut.

Ketika itu, Budi Doku yang juga dikenal sebagai seorang dokter itu sempat geleng-geleng kepala menyaksikan sampah (kering dan basah) yang memenuhi ruas jalan.

Menyaksikan pemandangan jorok di kawasan Pasar Senggol di tahun lalu, Budi Doku pun memerintahkan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo untuk menerjunkan petugas kebersihan, meski masih dalam suasana libur.

Namun apakah tahun ini sampah-sampah di kawasan Pasar Senggol tersebut akan kembali berserakan?

Dihubungi via telepon seluler oleh awak DM1, Kamis (7/6/2018) Budi Doku yang kini menjabat selaku Plt. Walikota Gorontalo itu menyatakan, bahwa pihaknya akan berusaha untuk mengatasi masalah sampah tersebut.

Saat ini, Budi Doku mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak DLH untuk penanganan masalah sampah di kawasan Pasar Senggol tersebut, yakni dengan menyediakan tempat sampah.

“Mengenai masalah sampah di Pasar Senggol, saya sudah koordinasi langsung dengan Dinas Lingkungan Hidup. Dan kita sudah anggarkan di APBD untuk mengantisipasi sampah yang begitu banyak, yakni dengan menyediakan tempat sampah,” ujar Budi Doku.

Dalam koordinasi tersebut, Budi Doku bahkan sempat mengajak sejumlah dinas terkait, terutama DLH agar dapat bersama-sama turun lapangan untuk melakukan pembersihan sampah yang ditinggalkan oleh para pedagang di Pasar Senggol.

Budi mengungkapkan, jika tahun lalu para pedagang diberi izin untuk berjualan hingga malam takbiran sampai pada pukul 03.00 dini hari, maka tahun ini para pedagang tersebut hanya diberi batas waktu hingga pukul 01.00 dini-hari.

Budi yang juga mantan anggota DPD-RI itu menegaskan, bahwa para petugas kebersihan dari DLH Kota Gorontalo akan membersihkan sampah di kawasan Pasar Senggol setelah shalat Ied. “Meraka (para petugas kebersihan) nantinya akan di berikan insentif tambahan mengingat mereka (bekerja) dalam keadaan libur,” jelas Budi.

Meski begitu, Budi Doku tetap mengimbau kepada seluruh pedagang dan pengunjung Pasar Senggol, agar bekerjasama menjaga kebersihan. “Saya mengharapkan kepada kita semua agar berkerjasama dalam hal turut andil menjaga kebersihan Kota Gorontlo yang kita cintai ini,” tutur Budi. (dav/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.769 views

Next Post

Malam Ini, Rizal Ramli Jadi Pembicara di Heritage Washington DC

Jum Jun 8 , 2018
DM1.CO.ID, WASHINGTON: Calon Presiden Rakyat, Dr. Rizal Ramli, diundang untuk tampil sebagai pembicara di Heritage Foundation, Jumat malam ini (siang waktu setempat, 8 /6/2018) di Massachusett Avenue, Washington DC, Amerika Serikat (AS). Komentar anda :