Senam SBM Warnai Pembukaan Jambore Kader PKK se-Koltim

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Jambore kader PKK Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun 2021 resmi dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati, Hj. Andi Merya Nur, S.IP, pada Kamis (10/6/2021), bertempat di Lapangan Desa Lalingato, Kecamatan Tirawuta.

Dalam kegiatan ini, tampak dihadiri Wakil Ketua DPRD Koltim, Hj. Rahmatia Lukman, SE, M.Si; Ketua TP-PKK Koltim, Hj. Diana Massi Samsul Bahri, SP; Penjabat (Pj) Sekda Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP, M.Si; pimpinan OPD; camat dan seluruh peserta Jambore yang berasal dari TP-PKK tingkat kecamatan se-Koltim.

Senam Sejahtera Bersama Masyarakat (SBM) menjadi sajian penampilan awal sebelum dilaksanakannya pembukaan kegiatan. Senam yang mengangkat tagline “SBM (Samsul Bersama Mery) Anak Koltim” ini diperagakan oleh seluruh anggota Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Koltim.

Plt Bupati Koltim, Andi Merya Nur pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa kegiatan Jambore PKK  yang bertemakan “Meningkatkan Kualitas Kader PKK di Masa Pandemi Covid19”, merupakan salah satu ajang penambah wawasan serta pengetahuan.

Dan yang tak kalah pentingnya, menurut Andi Merya, kegiatan ini diharapkan dapat lebih menjalin persaudaraan dan persahabatan, serta membangun kebersamaan kader-kader PKK se-Koltim.

Andi Merya mengungkapkan, kader-kader PKK dari 12 Kecamatan, tentunya sudah memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing dengan karakter yang berbeda-beda, akan tetapi memiliki tujuan yang sama.

Andi Merya juga mengingatkan, kader PKK hendaknya mampu merangkul masyarakat, dan membangun kerja sama serta berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang relevan dengan 10 program pokok PKK.

“Saya selaku Ketua Pembina PKK Kabupaten Kolaka Timur, sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini dan memberikan apresiasi kepada Ketua dan seluruh TP PKK Kabupaten Kolaka Timur, untuk melaksanakan kegiatan kader PKK dengan mengangkat tema: Meningkatkan Kualitas Kader PKK dimasa Pandemi Covid-19,” ujar Andi Merya.

Kegiatan ini, lanjut Andi Merya, sangat relevan dengan kondisi negara kita saat ini yang telah dilanda musibah, yakni dengan munculnya wabah virus Corona, dan telah dirasakan selama kurang lebih satu tahun sampai dengan sekarang.

“PKK sebagai mitra kerja Pemda telah banyak memberi kontribusi untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur, dan berkomitmen untuk mewujudkan visi misi Bupati Kolaka Timur, yaitu  menuju Kolaka Timur yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan,” ujar Andi Merya.

Tujuan lain dari kegiatan Jambore Kader PKK ini adalah untuk meningkatkan kapasitas diri kader. Olehnya itu, Andi Merya berharap agar para kader dan anggota PKK lainnya dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi dalam melaksanakan tugas dari 10 program pokok  PKK di daerah masing-masing.

Andi Merya pun mengingatkan, bahwa membangun keseimbangan sangat dibutuhkan. Dalam artian, seimbang menjalankan peran sebagai kader PKK, istri dan ibu dari anak yang menghadirkan keharmonisan.

Kegiatan Jambore PKK kali ini juga dirangkaikan dengan beberapa perlombaan. Andi Merya pun mengingatkan agar peserta dapat membangun semangat sportivitas dan solidiritas, hingga terjalin hubungan komunikasi yang baik antar sesama kader.

Dalam sambutannya, Andi Merya juga sempat menyampaikan perihal senam SBM (Sejahtera Bersama Masyarakat). Ia berharap agar senam SBM ini dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat maupun di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Kolaka Timur.

“Semoga senam SBM ini juga selain Sejahtera Bersama Masyarakat, juga bisa membuat Kolaka Timur Sehat Bersama Masyarakat,” imbau Andi Merya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Koltim, Diana Massi Samsul Bahri memaparkan, pelaksanaan Jambore Kader PKK ini  merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan, dan dilangsungkan selama 3 hari.

Diana Massi menegaskan, Tim Penggerak PKK Mandiri Kabupaten Kolaka Timur siap mengambil bagian untuk memberikan dukungan dan membantu dalam mewujudkan program kerja pemerintah daerah.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara kader PKK, baik kader PKK tingkat desa, kelurahan sampai tingkat kabupaten itu sendiri. Meningkatkan kinerja dalam mewujudkan 10 program PKK, menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama, dan menambah wawasan pengetahuan antar kader, sehingga dapat saling motivasi atau memberi semangat,” jelas Diana Massi.

Ia mengungkapkan, organisasi PKK memiliki cakupan wilayah sampai tingkat desa, bahkan tingkat dusun yang mempunyai 10 program PKK. Dan hal ini, menurutnya, tentu saja merupakan potensi besar dalam menjalankan fungsi sebagai mitra pemerintah dengan menetapkan visi PKK, yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa serta mewujudkan keluarga yang sejahtera.

“Ini juga merupakan program visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur, Samsul Bersama Mery (SBM) periode 2021-2026, yakni menuju Kolaka Timur Sejahtera Bersama Masyarakat (SBM) yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan (AMMAN). Tim Penggerak PKK siap mengambil bagian dan mendukung upaya mewujudkan program kerja pemerintah daerah,” ujar Diana Massi.

Usai membuka Jambore Kader PKK, Andi Merya, Pj Sekda, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP PKK Koltim, beserta SKPD bersama-sama menghadiri kegiatan launching roti Maros Anugrah, di Kelurahan Rate-rate.

(rul/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

71 views

Next Post

Kasasi Bupati Boalemo Non-aktif Malah Divonis 9 Bulan Penjara?

Sab Jun 12 , 2021
DM1.CO.ID, GORONTALO: Setelah Pengadilan Tinggi (PT) Gorontalo dalam sidang banding, pada Senin (11/1/2021), tetap menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Gorontalo yang menjatuhi vonis hukuman pidana 6 bulan penjara, Bupati Boalemo Non-aktif (Darwis Moridu) pun melakukan “perlawanan” untuk mengejar putusan bebas, yakni dengan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA), pada Selasa […]