Kasasi Bupati Boalemo Non-aktif Malah Divonis 9 Bulan Penjara?

DM1.CO.ID, GORONTALO: Setelah Pengadilan Tinggi (PT) Gorontalo dalam sidang banding, pada Senin (11/1/2021), tetap menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Gorontalo yang menjatuhi vonis hukuman pidana 6 bulan penjara, Bupati Boalemo Non-aktif (Darwis Moridu) pun melakukan “perlawanan” untuk mengejar putusan bebas, yakni dengan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA), pada Selasa (19/1/2021).
Dan kini, setelah empat bulan lebih berlalu, muncul informasi dan desas-desus yang beredar secara luas di berbagai kalangan di Kabupaten Boalemo, bahwa putusan MA terhadap kasasi yang diajukan oleh Bupati Boalemo Non-aktif, Darwis Moridu, malah divonis kurungan badan selama 9 bulan. Artinya, terjadi penambahan 3 bulan dari putusan banding di tingkat Pengadilan Tinggi Gorontalo.
Mengetahui adanya informasi dan desas-desus tersebut, wartawan DM1 langsung melakukan konfirmasi ke pihak Pengadilan Negeri (PN) Kota Gorontalo.
Melalui juru bicara (Jubir) PN Gorontalo, Irwanto, SH mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum menerima putusan kasasi terhadap terdakwa Darwis Moridu alias ka Daru dari Mahkamah Agung RI. “Belum ada info (terkait putusan kasasi tersebut) dari kepaniteraan,” ujar Irwanto, akhir Mei 2021.
Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gorontalo menyatakan, bahwa terdakwa Darwis Moridu alias Ka Daru terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “penganiayaan yang mengakibatkan (korban) luka berat” sebagaimana dakwaan lebih-lebih subsidair Penuntut Umum.
“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 6 (enam) bulan,” demikian putusan Majelis Hakim PN Gorontalo, pada Jumat (13/11/2020). (kab/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

66 views

Next Post

Indomaret Hadir di Boalemo, Warga Sambut Positif

Sen Jun 14 , 2021
DM1.CO.ID, BOALEMO: Kehadiran Indomaret di Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, bukan tanpa alasan. Semua hanya untuk memudahkan masyarakat untuk berbelanja. Di sisi lain, kehadiran retail Indomaret, sejauh ini juga cukup menyerap tenaga kerja lokal, khususnya di Boalemo. Komentar anda :