Sembelih 3 Ekor Sapi, Ini Harapan Wali Kota Marten Taha

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Masalah pandemik Covid19 serta banjir yang melanda, ternyata tidak menghalangi masyarakat Kota Gorontalo untuk menunaikan kurban di hari raya Idul-adha 1441 Hijriah.

“Alhamdulillah Idul-adha tahun ini antusias masyarakat untuk berkurban masih cukup tinggi,” ujar Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, saat menggelar penyembelihan hewan kurban di kediaman pribadinya, Kelurahan Huangobotu, Ahad (2/08/2020).

Marten Taha mengungkapkan, menurut catatan sementara yang dikantongi, hewan yang dijadikan kurban pada Idul-adha kali ini, khusus di Kota Gorontalo yakni 1.290 ekor sapi dan 39 ekor kambing.

Namun Marten Taha memprediksi, jumlah tersebut bisa dipastikan masih mengalami ketambahan secara riil di lapangan. Sebab, hingga Ahad hari ini, masih ada juga yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban. “Terima kasih, dan saya turut mengapresiasinya,” tutur Marten Taha.

Sebelumnya, Wali Kota Marten Taha memang telah mengimbau kepada penyelenggara kurban untuk tidak melakukan penyembelihan hewan secara serentak.

Hal itu, menurut Marten Taha, dilakukan agar dapat menghindari terjadinya kerumunan orang, yang berpotensi timbulnya penularan Covid19. Sehingga penyembelihan hewan kurban harus dilakukan secara bergilir.

Wali Kota Gorontalo dua periode itu pun mengaku salut, sebab meski menghadapi bencana banjir,  namun masyarakat muslim Kota Gorontalo tetap mengedepankan hikmah Idul-adha.

Marten Taha pun memberikan semangat kepada warganya. Bahwa ujian dan cobaan tidak pernah lepas dalam perjalanan hidup manusia, sebab di situlah esensi keikhlasan dan ketakwaan seorang hamba.

“Esensi Idul-adha adalah keikhlasan dan ketakwaan seorang hamba menjalankan perintah Allah SWT, sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim bersama putranya Ismail,” jelas Marten Taha.

Idul-adha kali ini, Marten Taha secara pribadi ikut melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi. Selanjutnya, daging sapi itu pun langsung dibagikan kepada warga kurang mampu.

“Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, lebaran tahun ini masih diberikan kesempatan untuk bisa berkurban dan berbagi kepada sesama,” ujar Marten.

Ia pun tak lupa mengajak kepada semua pihak, terutama umat muslim di Kota Gorontalo ini, agar momentum Idul-adha dijadikan sarana kontemplasi atau renungan diri pada tuntunan syariat agama, sembari berdoa meminta perlindungan dan dijauhkan dari berbagai bala dan bencana. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: