Pendataan SDGs di Desa Sogitia Capai 75 Persen, Ayah Mito: Masih Kerap Terkendala di Jaringan

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Penetapan pelaksanaan pendataan dalam rangka penyukseskan SDGs Desa khusus di Desa Sogitia, telah diketuk dan ditetapkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Dan pada Senin (31/5/2021) yang lalu, menurut Sumitro Lopuo, SH.I selaku Kepala Desa (Kades) Sogitia, pihaknya telah merampungkan kegiatan berupa penginputan data mencapai 75 persen, yakni 371 Kepala Keluarga (KK) dan 1.360 secara jumlah individu.

Ayah Mito (sapaan akrab Kades Sogitia) menyebutkan, tim relawan yang diturunkan untuk melakukan pendataan ini adalah 18 orang, yang kesemuanya telah berusaha semaksimal mungkin dalan mempercepat proses pengimputan.

Ayah Mito mengungkapkan salah satu kendala yang ditemui oleh tim relawan penginput data di lapangan, yakni masalah jaringan seluler yang masih kerap terganggu dan bahkan tidak muncul di wilayah Kecamatan Bone.

Ia menjelaskan, SDGs (Sustainable Development Goals ) Desa adalah upaya terpadu dalam mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan yang berkesinambungan.

SDGs Desa, terang Ayah Mito, merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa 2021.

Kegiatan pendataan SDGs di Desa Sogitia ini, kata AyahMito, dipimpin oleh Lilin Adjuba sebagai ketua relawan, dan Jeri Urumi selaku PLD (Pendamping Lokal Desa).

Ayah Mito menerangkan, merujuk Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, terdapat 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut.

Kedelapan belas tujuan dan sasaran itu, yaitu: desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman desa aman, Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan, tanggap perubahan iklim, desa peduli lingkungan laut, desa peduli lingkungan darat, desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, dan kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

340 views

Next Post

Serahkan Bibit Pertanian dan Masker, Ini Harapan Kades Poduwoma

Rab Jun 30 , 2021
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Dua kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, kembali sekaligus dilakukan oleh Pemerintah Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, yakni pada Selasa (29/6/2021). Komentar anda :