Owan Juara I D’Academy 6: Catat Sejarah Pertama Harumkan Nama Boalemo dan Gorontalo

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, JAKARTA: Owan pemilik nama lengkap Hariyanto Tuna (asal Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo) berhasil dinobatkan sebagai juara I di atas panggung kompetisi Dangdut Academy musim 6 (D’Academy 6), yang berlangsung pada Rabu malam tadi (21/2/2024) di Grand Final Concert studio televisi Indosiar.

Pada pembacaan pengumuman pemenang yang sangat menegangkan itu, Owan dinyatakan sebagai juara pertama dengan mendapat polling SMS dan vote di vidio.com terbanyak sebesar 53,27 persen. Kemudian disusul Novia Rianti (asal Kabupaten Serang, Provinsi Banten) sebagai runner-up dengan mengantongi suara SMS dan melalui vote vidio.com sebanyak 46,73 persen.

Gorontalo dan Banten adalah dua “saudara” daerah, karena keduanya lahir dan mekar bersamaan sebagai provinsi yang dibuktikan dengan terbitnya dasar hukum pendirian provinsi di tahun yang sama, yakni di tahun 2000.

Dan kedua provinsi inipun akhirnya bertemu di atas panggung yang sama pula, yakni di pentas ajang kompetisi pencarian bakat Dangdut Academy-6, dengan memunculkan sosok Owan sebagai juara I, sekaligus mencatat sejarah pertama harumkan citra dan nama baik Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo di panggung bergengsi tersebut.

Beberapa saat setelah pengumuman dibacakan yang menyatakan Owan sebagai pemenang pertama, maka seketika itu pula warga Boalemo khususnya di Kecamatan Tilamuta spontan tumpah ke jalan. Tanpa dikomando, mereka menumpahkan kegembiraan, kebanggaan serta rasa syukur dengan melakukan konvoi dan pawai atas kemenangan yang diraih oleh Owan.

Masyarakat Boalemo merasa patut berbangga penuh haru bercampur gembira, karena Owan adalah sosok yang kesehariannya hanyalah sebagai seorang nelayan berusia 23 tahun, namun pernah menjadi juara I lomba Azan di wilayahnya, dan mengisi waktu luangnya dengan menyanyi serta mengajar mengaji.

“Owan, menemukan bakat seperti kamu itu jarang sekali terjadi. Kamu punya bakat yang luar biasa. Aku percaya kamu akan jadi dan bisa berkarir sebagai penyanyi yang sukses,” ujar Denada memuji Owan sesaat usai penyerahan hadiah.

Atas kemenangannya itu, Owan berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp.300 Juta, dan tropi ditambah lagu Kemenangan yang akan menjadi single pertamanya. “Saya ingin membiayai adik saya kuliah yang ingin jadi dokter,” ujar Owan saat ditanyai oleh host terkait akan digunakan untuk apa hadiahnya nanti.

Selain itu, Owan juga akan menjadi bagian keluarga Indosiar dengan menandatangani berbagai kontrak untuk program-program yang ditayangkan oleh Indosiar.

“Owan bukan hanya menjadi kebanggaan individu atau keluarga, melainkan menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Boalemo untuk terus mendukung dan membanggakan bakat-bakat lokal yang mampu bersinar di tingkat nasional,” tutur Sherman Moridu selaku Penjabat Bupati Boalemo, beberapa waktu lalu saat bertandang ke kediaman orang tua Owan, di Desa Pentadu Barat, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. (dms/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

171 views

Next Post

Tidak Diberi Kehormatan pun, Prabowo Sudah Sangat Layak Disebut Jenderal

Rab Feb 28 , 2024
  Opini: Abdul Muis Syam* DM1.CO.ID, OPINI: Hari ini, Rabu (28 Februari 2024), Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga merupakan Calon Presiden (Capres) 2024-2029, Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Prabowo Subianto, dijadwalkan akan menerima kenaikan pangkat melalui pemberian gelar Jenderal Kehormatan (Hor). Kabar tersebut disampaikan secara resmi oleh Dahnil Anzar Simanjuntak […]
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296