Menang dalam Pilkades Molalahu, Ini Sekelumit yang akan Dilakukan Haris Habi

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Desa Molalahu kini memiliki Kepala Desa (Kades) yang baru dari hasil Pemilihan Kepala Desa periode 2019-2025, yakni Haris Yasin Habi, S.Pd.I.

Ditemui oleh wartawan DM1 di ruang kerjanya di Kantor Desa Molalahu, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, pada Senin (16/12/2019), Haris Yasin Habi menjelaskan berbagai hal penting menyangkut tugas-tugas dan program kerja yang akan ditunaikannya.

Kades Haris menyebutkan, Desa Molalahu saat ini berpenduduk 1.634 jiwa yang terdiri dari 837 jiwa Laki-laki dan 797 Perempuan, dengan 509 Kepala Keluarga (KK).

Penduduk di desa ini, kata Haris Yasin Habi, mayoritas sebagai petani. “Mereka sebagian besar bercocok-tanam jagung dan padi. Selebihnya berkebun hortikultura macam sayur-sayuran, seperti terong, kacang panjang, lombok, tomat, dan lain sebagainya,” ujar Kades Haris.

Sebagai kepala desa yang baru saja terpilih, Haris Yasin Habi mengaku tak lupa menyatakan rasa terima-kasihnya kepada segenap warga Desa Molalahu yang telah memberikan kepercayaan untuk memajukan desa ini.

Haris Yasin Habi pun bertekad akan menunaikan tugas dan tanggung-jawabnya sebagai kepala desa, yakni dengan menjalankan berbagai visi-misi serta program-program kerja yang telah dipatoknya.

“Secara umum, kami menetapkan visi. Yakni, terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih guna mewujudkan Desa Molalahu yang religius, adil, makmur dan sejahtera,” ujar Kades Haris.

Poin turunan visi tersebut, sambung Kades Haris, yakni pertama, melakukan reformasi birokrsi di jajaran pemerintahan desa guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Yang kedua, kata Kades Haris, adalah menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dan yang ketiga, adalah meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis potensi desa untuk menciptakan lapangan kerja.

Untuk mewujudk visi tersebut, lanjut Kades Haris, dimunculkan program kerja. Di antaranya di bidang reformasi birokrasi dalam melaksanakan prosedur pemerintahan sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku, yakni dengan melakukan kontrak kinerja dengan aparat desa sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Selain itu, kata Kades Haris, juga mengevaluasi kinerja aparat desa di setiap bulan dengan melibatkan BPD dan unsur-unsur yang terkait.

Sedangkan untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, menurut Kades Haris, itu rencananya dilakukan MoU dengan pihak Polsek Pulubala dalam rangka pengawasan dan penindakan penyelewengan dana desa.

Berikutnya, kata Kades Haris, yakni melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan pemerintahan, pengguna pembangunan dan permasyarakatan di Desa Molalahu.

Dan hal menarik yang akan dilakukan Kades Haris, adalah memberikan reward kepada masyarakat yang menemukan dan memberikan solusi yang terbaik dalam penggunaan anggaran dana desa di Desa Molalahu.

Tak hanya itu, selain melakukan pengelolaan dana desa dengan tata-cara non-tunai, Kades Haris juga akan menghilangkan pungutan-pungutan yang tidak didasari oleh aturan-aturan yang berlaku.

Selanjutnya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis potensi desa guna menciptakan lapangan kerja, Kades Haris mengaku akan melakukan penguatan manajemen dan peran BUMDes, serta mengalokasikan dana untuk mendorong terbentuknya sentra-sentra produksi masyarakat. (din/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: