Lovely Toraja 2016, Ajang Menggenjot Pariwisata dan Persatuan Antar-umat Beragama

Bagikan dengan:

[sg_popup id=”1″ event=”click”][/sg_popup][sg_popup id=”6″ event=”onload”][/sg_popup]DM1.CO.ID, MAKALE: Tersebutlah di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara terdapat event tahunan yang untuk pertama kalinya telah dimulai pada tahun 2008, yakni bernama Lovely December.

Namun ada beberapa hal yang membedakan perayaan Lovely December kali ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Yakni di antaranya, tahun ini label event-nya berubah nama yang semula “Lovely December” menjadi “Lovely Toraja”.

Alasan berubahnya nama event tersebut adalah didasari oleh pertimbangan waktu untuk dapat lebih meluas, atau dalam arti pelaksanaannya tidak terbatas diselenggarakan pada Desember saja, tetapi mengingat penuntasan kegiatannya sesuai agenda berlangsung hingga memasuki Januari awal tahun 2017.

Selain sebagai ajang silaturrahmi “Sang Torayaan” (sapaan suku Toraja) di akhir tahun, event ini juga tentu saja merupakan salah satu terobosan dalam menggenjot kunjungan wisata ke Toraja (Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara). Dan Tana Toraja sendiri ditunjuk sebagai Center Point  kegiatan acaranya.

Perbedaan nuansa lainnya dari penyelenggaraan event ini, yaitu apabila pada tahun-tahun sebelumnya Lovely December hanya dikenal sebagai perayaan umat Nasrani khas Toraja, kali ini atau pada tahun 2016 ini penyelenggaraannya nampak istimewa karena diwarnai dengan kegiatan agama lainnya, seperti pagelaran seni dan budaya Islam dengan melibatkan umat Muslim.

lovely-qasidah

“Dengan adanya kegiatan yang melibatkan seluruh umat, baik umat Nasrani maupun umat Muslim yang berada di wilayah Kabupaten Tana Toraja, itu mengukuhkan Tana Toraja sebagai daerah yang mengutamakan kerukunan hidup antar bahkan inter umat beragama,” tutur Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, dalam sambutannya pada Festival Qasidah-Rebana di kawasan Pasar Seni Makale, Jumat malam (9/12/2016).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nicodemus mengharapkan, agar momen Lovely Toraja ini dapat dijadikan sebagai perayaan daerah, yang dapat menyentuh seluruh lapisan umat beragama yang nantinya akan berkunjung di Tana Toraja.

Dari pantauan DM1 di tempat acara, even kali ini mengusung tema “Toraya Maelo”, dan akan disemarakkan dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Sementara puncak acara event Lovely Toraja kali ini telah ditetapkan pada Kamis (29/12/2016).

Berikut ini adalah agenda kegiatan yang akan digelar sepanjang event  Lovely Toraja 2016 tersebut :

  1. Getaran Kedamaian Umat (Lonceng Gereja & Bedug Mesjid),
  2. Festival Kopi & International Barista Competition,
  3. Christmas Choir Competition,
  4. Lomba Qasidah,
  5. Festival Lagu Toraya,
  6. Gemar Baca Kamus Basa Toraya,
  7. One Day Traill Adventure (Jelajah Motor Wisata),
  8. Jelajah Sepeda Wisata,
  9. Kid’s Cycling,
  10. Toraja’s Color Run,
  11. Festival Foto Wisata,
  12. Toraja Rock in Fest Metalillingan 2016,
  13. Toraja Night Run,
  14. Toraja Motor Cross,
  15. Lomba Lari Lintas Wisata,
  16. Festival Rakit Tradisional,
  17. Lomba Meriam Bambu (Ma’barattung),
  18. Pameran Kuliner Khas Toraja & PHRI Day,
  19. Lomba Penulisan Blog Web Lovely December,
  20. Lomba Tangkap Ikan Tradisional (Mebale, Melendong, Metodi’),
  21. Festival Deppa Tori’ dan Bade’ Kadong Berbagai Rasa,
  22. Pagelaran Seni dan Budaya Toraja di Tiap Kecamatan,
  23. Pagelaran Seni Kabupaten/Kota Tetangga,
  24. Event Puncak Lovely December dan Natal Oekumene,
  25. Band Performance for Old & New Fest.
(Rafa/DM1)
Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

3,699 views

Next Post

Dana Asuransi Sempat Diduga Diselewengkan, Ini Kata Bank Sulut-Go Tilamuta

Ming Des 11 , 2016
DM1.CO.ID, TILAMUTA: Setelah melalui beberapa tahap pertemuan, akhirnya Bank Sulut Gorontalo (SulutGo) Cabang Tilamuta mengakui kelalaiannya terhadap dana asuransi oleh sekian banyak ASN (Aparatur Sipil Negara) di Boalemo yang menjadi debitur. Komentar anda :