HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Kinerja Buruk Gubernur Rusli Dibantah SPAK dan AMMPD: Justru Kami Berharap Ada Figur Seperti RH ke Depan

Bagikan dengan:

Wartawan: Syarifudin Diko | Editor: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Tidak sedikit pihak yang mempertanyakan kinerja Rusli Habibie selama memangku jabatan sebagai Gubernur Gorontalo, dianggap masih terbilang kurang memadai.

Hal itupun kemudian mendapat tanggapan dan bantahan dari berbagai aktivis maupun LSM yang ada di Gorontalo. Salah satunya adalah Rahmat Mamonto.

Selaku Ketua LSM SPAK (Serikat Pemuda Anti Korupsi) Provinsi Gorontalo, Rahmat Mamonto mengaku justru kinerja Gubernur Rusli Habibie selama ini sangat memadai.

Menurut Rahmat Mamonto, memasuki usia 7 tahun kememimpinnya di Provinsi Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie sangat intens memberikan yang terbaik untuk rakyat. “Salah satu contoh inisiatif pembangunan Rumah Sakit Ainun Habibie, yang kami rasa ke depannya akan sangat bermanfaat bagi rakyat Gorontalo,” ujar Rahmat kepada Wartawan DM1, Senin (7/9/2019).

Rahmat Mamonto menegaskan, Gubernur Rusli Habibie benar-benar mampu melakukan perkembangan pembangunan di Provinsi Gorontalo bersama Wakil Gubernur (Wagub) Idris Rahim.

Rahmat Mamonto pun menunjuk empat program unggulan yang diprioritaskan oleh Gubernur Rusli Habibie bersama Wagub Idris Rahim. “Yakni di periode pertama, kesehatan gratis, pendidikan gratis, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan, yang hingga saat ini terus dijalankan,” tegasnya.

Hal senada juga ditegaskan oleh Robin Bilondatu selaku aktivis AMMPD (aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Daerah). “Sudah sangat banyak hal yang telah dikerjakan oleh Pak Rusli Habibie, meskipun memang ada juga yang belum sempurna,” ujar Robin Bilondatu mengaku membantah jika ada pihak yang menilai Gubernur Rusli hanya sedikit bekerja.

Robin Bilondatu pun membeberkan dan menjelaskan sejumlah terobosan Gubernur Rusli Habibie yang selama ini sangat jelas berpihak ke rakyat lapisan bawah.

Di bidang infrastrukur, kata Robin, sudah dibangun jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang menghubungkan 3 daerah. Dan juga ada Bendungan Randangan yang bisa mengairi 9.000 Hektar lahan sawah.

Di bidang pendidikan, lanjut Robin, kinerja Gubernur Rusli Habibie sangat membanggakan dengan adanya program pendidikan gratis yang membuat siswa sekolah hingga SMA tidak lagi dipungut biaya.

Program lainnya, menurut Robin, yakni ada pemberian bantuan rumah layak huni bagi warga yang berhak menerimanya dengan merata, meski saat ini memang belum secara keseluruhan. “Hal lainnya yang menjadi hak rakyat berupa penyaluran bantuan sambako, hingga saat ini tetap tercover dalam bentuk kartu NKRI jilid dua,” ungkap Robin.

Disebutkannya, bahwa begitu juga dengan pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN), yang dibangun atas kontribusi semua pihak. Dan sejauh ini, SPN sudah meluluskan 199 Bintara Polri baru yang boleh dikata hampir semua adalah putra-putri Gorontalo.

Sosok Rusli Habibie di mata Rahmat Mamonto dan Robin Bilondatu, yakni benar-benar sangat merakyat dan mencintai rakyat. “Terlihat di setiap kunjungan beliau (Rusli Habibie), bahasa yang dipakai pun adalah bahasa yang mudah dipahami rakyat kalangan bawah, terutama di Kabupaten Gorontalo,” ujar Robin, diiyakan oleh Rahmat.

Keduanya sepakat, bahwa Rusli Habibie (RH) adalah sosok yang penuh dengan terobosan. “Pak RH itu jenderal politik, di mana beliau berangkat dari pengusaha, kemudian menjadi bupati hingga gubernur dua periode,” katanya.

Olehnya itu Rahmat Mamonto dan Robin Bilondatu menegaskan, bahwa LSM SPAK dan AMMPD ke depan sangat berharap kepada Gubernur Rusli agar dapat mempersiapkan figur yang lebih berkualitas sebagai generasi yang akan melanjutkan kepemimpinan di Provinsi Gorontalo ini.

“Kami berharap Pak RH mampu menciptakan figur, yang minimal setara dengan kinerjanya untuk melanjutkan pemerintahan yang kami anggap berhasil,” ujar keduanya.

Lalu siapa figur pelanjut dan penerus RH yang dimaksud? Rahmat Mamonto dan Robin Bilondatu mengakui ada sejumlah sosok yang cocok, tapi itu tentunya diserahkan langsung penggemblengannya kepada Gubernur Rusli Habibie. (din/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 13109
  • 12583
  • 12541
  • 13368
  • 13325
  • 12952
  • 12713
  • 12714
  • 13108
  • 13326