Kalahkan Brazil, Letak Patung Yesus Tertinggi Ada di Toraja

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, MAKALE: Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten yang berada di sebelah Utara Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah ini sudah mendunia, sebab sejak dahulu memang sudah terkenal dengan destinasi wisatanya, baik dari seni, budaya maupun religinya.

Selama ini juga Toraja dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara dengan keanekaragaman seni dan budaya nya, salah satunya ialah Kete’kesu, yaitu pemakaman masyarakat Toraja yang menempatkan mayat terkubur di tebing gunung.

Kete'kesu di Toraja

Kete’kesu di Toraja

Dan kini, selain Kete’kesu, Toraja juga memiliki daya tarik baru yang sangat layak untuk dikunjungi. Yakni sebuah Patung Yesus yang berdiri kokoh di atas puncak bukit Buntu Burake. Letaknya kurang lebih 3 Km dari Kota Makale.

Dan semenjak dibuka untuk umum pada Agustus 2015, Patung Yesus di Toraja ini telah menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke kota yang juga terkenal dengan biji kopinya ini. Mulai dari wisatawan lokal maupun mancanegara, tanpa mengenal suku dan agama.

Keunikan dan kelebihan patung ini adalah posisinya yang berada di elevasi 1700dpl (dari permukaan laut). Dan para wisatawan dapat menuju naik ke puncak bukit  tersebut sambil menikmati keindahan panorama alam yang terhampar dari berbagai penjuru angin.

“Patung ini memeliki tinggi lebih dari 40 meter. Kedepannya kawasan ini akan ditambahkan beberapa bangunan lagi, salah satunya teater dan tempat doa. Dan kami akan menambahkan lift setinggi 300meter yang akan membantu para pengunjung nantinya,” ujar Yustinus Paembona selaku Konsultan Pembangunan patung Yesus Toraja.

Yustinus menyebutkan, mengenai letak ketinggian patung Yesus di Bukit Buntu Burake saja ini jauh lebih tinggi dibanding patung Yesus yang ada di Rio de Janeiro-Brazil yang hanya berada di sekitaran 1100dpl.

“Sementara tinggi bangunan patung juga masih lebih tinggi patung yang ada di sini (Toraja). Kalau begitu, mengapa mesti ke Brazil kalau ada di Tana Toraja,” lontar Yustinus.

Masih dengan kaitan patung Yesus, dari informasi yang berhasil dihimpun oleh DM1 di Makale dalam suasana berlangsungnya agenda tahunan “Lovely Toraja 2016” yang mengusung tema “Toraya Maelo”,  dari pengelola kawasan Bukit Buntu Burake ditemui sedikitnya 500-an wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke patung tersebut.

(Raffa/DM1)
Komentar anda :
Bagikan dengan: