Kades Duini Ajak Wisatawan Nikmati Keindahan Pantai Bundho

Wartawan: Mulkan Hidayatullah|| Editor: AMS

DM1.CO.ID, BOLMUT: Hamparan keindahan Pantai Bundho yang terbentang luas, membuat hati dan pikiran akan menjadi teduh dan nyaman.

Memang, belum banyak yang tahu, betapa Pantai Bundho ini mampu menyajikan keindahan yang amat teduh, seteduh ombak-ombak kecil dari Laut Sulawesi yang berkejar-kejaran dan menepuk-nepuk bibir pesisir pantai.

Sayangnya, Pantai Bundho yang terletak di Desa Duini, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) ini, belum maksimal mendapat sentuhan dari pemerintah daerah maupun pusat.

Meski begitu, Sardjono Inggrina selaku Kepala Desa (Kades) Duini bersama warganya, mengaku senantiasa berupaya bergotong-royong dan saling bahu-membahu untuk bersama-sama mengelola Pantai Wisata Bundho.

Sebab, menurut Sardjono, warga Desa Duini sangat yakin, bahwa Pantai Bundho juga tak kalah indahnya dibanding dengan pantai-pantai yang ada di daerah lainnya.

“Desa Duini adalah desa wisata pantai yang pemandangannya sangat indah,” ujar Kades Duini, Sardjono kepada DM1, Rabu (24/7/2019).

Sardjono mengatakan, untuk menuju ke lokasi destinasi wisata Pantai Bundho ini sangat mudah, hanya sekitar 10 Meter dari jalan Trans Sulawesi.

Sejauh ini, Sardjono selaku Kades mengaku telah melakukan upaya pengembangan pariwisata di Pantai Bundho. Di antaranya, sudah dibangun MCK, gazebo, panggung kesenian, dan akses jalan.

Sardjono mengungkapkan, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi di lokasi wisata pantai tersebut. Salah satunya adalah talud penangkal abrasi yang ada belum maksimal.

Talud yang ada saat ini, menurut Sardjono, adalah dibangun oleh pemerintah desa dengan dana yang sangat terbatas, sehingga tidak maksimal.

Kendala utama pengembangan Pantai Bundho, menurut Sardjono, sejauh ini memang adalah terkait masalah kurangnya anggaran yang bisa dialokasikan untuk memancing para wisatawan.

Kendati demikian, Sardjono mengajak para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk dapat berkunjung, sekaligus membuktikan betapa Pantai Bundho memang pantas dijadikan sebagai tempat wisata yang layak.

Sardjono pun mengaku menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatwan yang berkunjung ke Pantai Bundho. “Sampai dengan saat ini suasana desa dalam keadaan aman tertib, sehingga pelaksanaan program-program kerja di desanya pun dapat berjalan dengan baik,” ujar Sardjono.

Warga Desa Duini, ungkap Sardjono, sangat mendambakan Pantai Bundho dapat benar-benar dikembangkan pengelolaannya sebagai objek wisata. “Jika pemerintah memberikan dukungan penuh untuk pengembangan Pantai Bundho sebagai tempat wisata, maka ekonomi warga di desa ini dipastikan akan sangat meningkat,” tutur Sardjono serius.

(mul/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

5.501 views

Next Post

Atasi Masalah WPR, DPRD Bonebol Lakukan Usaha Ini

Kam Jul 25 , 2019
Wartawati: Resti Djalil Cono | Editor: Dewi Mutiara DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bone Bolango menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR), Kamis (25/7/2019) RDP ini dilakukan untuk tindak-lanjut atas surat yang dilayangkan Aliansi Penambang Rakyat (APR) Bone Bolango. Surat tersebut berisi tentang keberatan […]