Jadi Pemateri, Bupati Nelson Beberkan Visi Misi Pembangunan Kabgor

Bagikan dengan:
Editor : vita pakai~

DM1.CO.ID, BANJARMASIN: Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, MPd, menghadiri sekaligus menjadi pemateri pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Konsolidasi antara pengurus koalisi kependudukan Nasional, Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Seminar Nasional Koalisi Kependudukan dan Pembangunan, di Aula Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Sabtu (10/3/2018).

Sering menjadi langganan sebagai pemateri di acara-acara besar baik yang digelar lokal maupun ditingkat pusat, kali ini Nelson memanfaatkan momentum berharga itu dengan menularkan semangat dan berbagi pengalaman pembangunan di Kabupaten Gorontalo dengan pemateri lainnya.

Nelson dalam paparannya menyampaikan, visi Kabupaten Gorontalo Gemilang adalah mewujudkan masyarakat madani yang salah satu enter poin misinya adalah mewujudkan pembangunan berbasis Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Oleh karena itu, dalam rangka perencanaan pembangunan di Kabupaten Gorontalo selalu berdasarkan pada data penduduk yang akurat dan lengkap.

“Data akurat ini kami kumpulkan dari tingkat desa dan kecamatan melalui model kampung KB dan Rumah dataku yang sukses kita canangkan pada tahun 2017 kemarin,” terang Nelson.

Lanjutnya, pembangunan kependudukan merupakan misi pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam peningkatan kesehatan, pertanian dan pendidikan bagi masyarakat. “Bagi kami, Data penduduk yang disajikan dalam setiap model rumah dataku ditingkat desa dan kecamatan sangatlah penting dalam perencanaan pembangunan,” beber Nelson.

Diakhir materinya, Nelson mengatakan, pembangunan manusia/ masyarakat meliputi kualitas kesehatan dan KB, kapasitas pendidikan dan karakter (Revolusi Mental). Untuk itu, data tersebut bukan hanya mengacu pada keluarga berencana tetapi dalam semua aspek, baik kesehatan, sosial dan lain-lain dalam mewujudkan pembangunan berbasis kependudukan.

Sementara itu Ketua Umum Koalisi Kependudukan dan Pembangunan, Dr. Sonny Harry B. Budiman saat membuka sekaligus memberikan materi pada kegiatan itu menyampaikan visi pembangunan nasional 2015-2019, yakni terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong yang dapat diwujudkan melalui nawa cita.

Sonny berharap bahwa Rakernas Koalisi Kependudukan ini dapat memformulasikan rancangan program dan rencana kerja bersama. “Rakernas ini diharapkan dapat diikuti dengan kerja keras yang memberikan output yang bermanfaat bagi Bangsà dan Negara Indonesia kita tercinta,” Pungkasnya.

Untuk diketahui, Selain Bupati Nelson, pemateri lain diantaranya Ketua Umum Koalisi Kependudukan, Dr. Sonny Harry B. Harmadi, Plt. Kepala BKKBN, Dr. Sigit Priohutomo, MPH dan Ketua Yayasan Cipta Cara Padu, Dr. Sugiri Syarief, MPA. (vit/dm1-irf/hms)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up