Hari Patriotik ke-78, Pemprov Gorontalo Resmikan Renovasi Makam Nani Wartabone

DM1.CO.ID, GORONTALO: Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Provinsi Gorontalo, adalah panitia inti pelaksanaan rangkaian acara peringatan Hari Patriotik 23 Januari yang ke-78.

Salah satu rangkaian acara peringatan Hari Patriotik tersebut, dimanfaatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, Kamis (23/2/2020), dengan melakukan peresmian renovasi makam pahlawan Nasional asal Gorontalo, Nani Wartabone, dengan anggaran sebesar Rp.1 Miliar.

Anggaran sebesar itu, menurut Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim, dalam penyampaiannya menyebutkan, belumlah setara dengan perjuangan yang telah ditunaikan oleh Nani Wartabone.

Idris Rahim mengungkapkan, bantuan renovasi itu adalah merupakan wujud penghargaan Pemprov terhadap sosok Nani Wartabone yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Idris Rahim mengingatkan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, termasuk almarhum Nani Wartabone. “Tadi dikatakan pada upacara oleh gubernur, bahwa almarhum berjuang untuk merdeka tanpa pamrih, sekali lagi tanpa pamrih,” ujar Idris Rahim.

Mengingat masih banyak yang harus dibenahi oleh Pemprov Gorontalo, maka Wagub Idris Rahim melalui momentum Hari Patriotik tersebut mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama pula berjuang melawan kemiskinan, kebodohan, korupsi, narkoba dan lain sebagainya.

“Mari kita sama-sama pupuk kebersamaan kita, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan. Sebagaimana itu yang telah dilakukan oleh pahlawan kita almarhum Nani Wartabone,” harap Idris Rahim.

Selain peresmian renovasi makam Nani Wartabone, serta upacara dan tabur bunga di makam tersebut, pada hari yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan dari Baznas kepada 100 anak yatim piatu dan 150 lansia turut  hadir dalam kesempatan tersebut.

Untuk diketahui, anggaran renovasi makam ini merupakan hasil lobi dan audiensi Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, kepada Menteri Sosial pada 2018 yang lalu. Alhasil, Gorontalo adalah salah satu  dari tiga daerah bersama Sulawesi Tengah dan Kepulauan Riau yang mendapat alokasi anggaran untuk renovasi makam pahlawan. (dml/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.967 views

Next Post

Desa Timbuolo Tengah: Dirgahayu ke-17 Kab. Bone Bolango

Jum Jan 24 , 2020
Komentar anda :