Hadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-70, Bupati Bonebol Hamim Pou Peroleh Penghargaan

Bagikan dengan:

Wartawan: Resti Djalil Cono~Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Bupati Bone Bolango Hamim Pou, menghadiri peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-70 yang diadakan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Jakarta pada Selasa (11/12/2018).

Perhelatan ini, sekaligus menjadi ajang pemberian penghargaan oleh Kemenkumham, kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota atas komitmen dan upaya memenuhi hak-hak dasar warga dan masyarakatnya.

Dalam laporannya, Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (RI), Yasonna H. Laoly mengungkapkan, tujuan pemerintah memberikan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia adalah untuk memotivasi dan mendorong realisasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat oleh pemerintah daerah, terutama pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Mengenai istilah yang dipakai, yaitu Peduli Hak Asasi Manusia, peduli yang dimaksud adalah upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggungjawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia,” ungkap Menteri Yasonna.

Lebih lanjut, Menteri Yasonna H. Laoly mengatakan, terdapat tiga tingkatan kriteria penilaian terhadap upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah.

“Dalam hasil penilaian terdapat tiga tingkat kriteria, yakni, kabupaten/kota yang peduli, cukup peduli, dan kurang peduli hak asasi manusia, sesuai dengan capaian yang telah diraih,” ungkap Menteri Yasonna.

Masih dalam keterangan laporan Menteri Kemenkumham, Yasonna H. Laoly menjelaskan, pada tahun 2018 ini, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat ada 409 kabupaten/kota yang telah berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait upaya pemenuhan hak dasar yang telah dilaksanakan.

“Dari jumlah 409 partisipan, hanya 271 kabupaten/kota yang meraih kategori Peduli HAM, dan terdapat 75 kabupaten/kota masuk dalam kategori Cukup Peduli HAM,” jelas Menteri Yasonna.

Sementara itu, Bone Bolango menjadi satu-satunya perwakilan Kabupaten di Provinsi Gorontalo yang memperoleh penghargaan Kabupaten Peduli HAM.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly kepada Bupati Bone Bolango Hamim Pou dalam acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia yang ke-70.

“Penghargaan ini menjadi tantangan baru bagi Kabupaten Bone Bolango, semakin berat, untuk itu ayo terus berkinerja, bagaimana upaya kita memenuhi hak asasi manusia di bidang pendidikan, kesehatan lingkungan, perumahan, perlindungan anak dan perempuan, serta hak pekerjaan atas identitas warga,” ujar Bupati Hamim.

Tak lupa, Menteri Yasonna mengucapkan selamat kepada para pimpinan daerah yang berhasil memperoleh penghargaan, dan menyampaikan harapannya.

“Melalui program ini, pemerintah dalam hal ini Kemenkumham, berharap momentum peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-70 tahun ini, mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, baik dari pemerintah maupun masyarakat dalam pelaksanaan pemajuan dan pemenuhan HAM yang menjadi tanggungjawab bersama, sebagai komponen Bangsa Indonesia,” pungkas Menteri Yasonna. (rdj/dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Dewi DM1

2,542 views

Next Post

Selain Germas Jasmani, Dinas Kesehatan Boalemo juga Galakkan Germas Rohani

Kam Des 13 , 2018
Wartawan: Kisma Abubakar~ Editor: AMS|| DM1.CO.ID, BOALEMO: GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup sehat) merupakan inti dari kehidupan manusia. Ketika Masyarakatnya tidak sehat, maka roda kehidupan dan roda pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik. Komentar anda :
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296