Gencar Kampanyekan Gemarikan, Boalemo Gelar Lomba Bakar Ikan

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BOALEMO: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, telah mencanangkan kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan).

Dan salah satu kabupaten yang sangat gencar mendukung kesuksesan kampanye Gemarikan tersebut, adalah Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Ada sejumlah kegiatan yang menunjukkan bukti keseriusan Boalemo terhadap kampanye Gemarikan tersebut.

Di antaranya, Lomba Cipta Menu Serba Ikan, pada Oktober 2018; dan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan), pada November 2018.

Dan pada Desember ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo kembali memperlihatkan keseriusannya untuk menyukseskan kampanye Gemarikan tersebut.

Yakni, dengan memanfaatkan momen peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018, Pemkab Boalemo menggelar Lomba Bakar Ikan, yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Boalemo.

Kesempatan pertama lomba ini digelar di Kecamatan Botumoito, Senin (17/12/2018), yang seluruh pesertanya adalah kepala desa se-Kecamatan Botumoito.

Panitia lomba ini menekankan sejumlah aturan dan metode penilaian, di antaranya adalah bentuk kematangan ikan yang dibakar, hingga rasa dan aroma yang disajikan.

Lomba bakar ikan ini pun menarik perhatian Bupati Boalemo, Darwis Moridu dan Ketua TP-PKK Kabupaten Boalemo, Ny. Rensi Makuta Moridu.

Keduanya bahkan terlihat ikut bakar-bakar ikan yang di laksanakan di halaman Kantor Camat Botumoito.

Pada kesempatan itu, Ny. Rensi Makuta Moridu yang juga selaku Ketua Panitia Hari Ibu 2018 tingkat Kabupaten Boalemo menyampaikan sejumlah hal penting.

Lomba bakar ikan ini, kata Ny. Rensi, sengaja dilaksanakan guna lebih memasyarakatkan gemar makan ikan bagi seluruh komponen, mulai dari anak-anak sampai dengan kalangan orang tua.

Sementara itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan lomba bakar ikan tersebut.

Bupati Darwis pun menyampaikan sejumlah harapan dan pesan penting dari pelaksanaan lomba bakar ikan ini.

Salah satunya adalah Bupati Darwis berharap agar masyarakat bisa benar-benar gemar mengonsumsi ikan.

Hal ini, menurut Bupati Darwis, sejalan dengan program kerja Forikan Kabupaten Boalemo, yang terus gencar menyosialisasikan dan mengampanyekan gemarikan.

Ada hal menarik dari kegiatan ini. Yakni, ikan yang dibakar dalam lomba tersebut, seluruhnya akan disantap bersama dengan masyarakat, termasuk anak-anak sekolah, mulai dari tingkat SD sampai SMA. (nhs-kab/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: