Dukung Program Disdikbud Prov Gorontalo, LSM JIScare Gelar Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba & Pergaulan Bebas

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Salah satu program atau upaya yang akan disentuh oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Gorontalo, yang kini dipimpin oleh Kepala Dinas (Kadis) Ir. Rusli W. Nusi, MT, MM, yakni memberikan edukasi kepada para siswa SMA dan sederajat agar menghindari diri dari penyalahgunaan Narkoba (Narkotika, Psikotropika, dan obat terlarang) serta pergaulan bebas.

Dan sebagai bentuk dukungan terhadap program edukasi maupun upaya positif tersebut, LSM JIScare Provinsi Gorontalo pun menyelenggarakan Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba dan Pergaulan Bebas, pada Selasa (14/2/2023), di Aula SMK Negeri 1 Kota Gorontalo.

Di hadapan ratusan siswa-siswi SMK Negeri 1 tersebut, Ichsan Naway selaku Ketua LSM JIScare menyampaikan pencerahan dan juga imbauan terkait pentingnya generasi muda menjauhi penyalahgunaan Narkoba dan juga menghindari pergaulan bebas.

Menurut Ichsan, generasi muda saat ini boleh dikata telah mengalami degradasi, tingkat penyalahgunaan Narkoba mengalami kenaikan dengan didominasi oleh kaum milenial. Begitu pula kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Provinsi Gorontalo, saat ini mengalami peningkatan.

Ichsan membeberkan, dari data yang ada menunjukkan total angka pengidap HIV/AIDS di Provinsi Gorontalo hingga tahun 2022 kemarin tercatat sebanyak 788 orang. Angka pada 2022 ini meningkat sebanyak 67 orang jika dibanding pada tahun 2021 yang mencapai 721 orang pengidap HIV/AIDS.

Jika diketahui jumlah penduduk Provinsi Gorontalo sesuai sensus data BPS tahun 2020 sebanyak 1.171.681 jiwa, maka menurut Ichsan, pengidap HIV/AIDS sebanyak 788 orang tersebut terbilang sangatlah tinggi.

Oleh karena itu, Ichsan mengaku, bahwa LSM JIScare terpanggil untuk dapat ikut mengambil bagian mendukung dan turut membantu upaya Dinas Dikbud Provinsi Gorontalo, yakni dalam upaya memberikan edukasi melalui kegiatan sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas.

Kepada para generasi muda, Ichsan pun mengajak agar sedapat mungkin menghindari penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas. Yakni dengan cara di antaranya memperbanyak melakukan kegiatan positif, misalnya dengan belajar atau berolahraga, serta senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan melalui kegiatan keagamaan.

Ke depan, kata Ichsan, pihak LSM JIScare terus berupaya menjalin kerja sama dengan Disdikbud Provinsi Gorontalo dalam rangka mencegah penyalahgunaan Narkoba dan menghindari pergaulan bebas, yakni dengan melalui sosialisasi di seluruh SMA dan sederajat di seluruh Provinsi Gorontalo. “Tujuan kami cuma satu, yaitu menyiapkan generasi pelanjut pembangunan yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, dengan sedari dini mungkin menjauhi penyalahgunaan Narkoba dan menjauhi pergaulan bebas,” ujar Ichsan. (dms-dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

206 views

Next Post

Dari Peluncuran Kirab Pemilu, Ketua KPU Provinsi Gorontalo  Berharap Semua Pihak Mendukung Suksesnya Pemilu 2024

Kam Feb 16 , 2023
DM1.CO.ID, GORONTALO: Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) menggelar peluncuran Kirab Pemilu (Pemilihan Umum) 2024, Selasa (14/2/2023), di Kantor KPU-RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Komentar anda :
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296