BREAKING NEWS
| Terkait Dugaan Korupsi GORR, Kejati Gorontalo Dalami Keterlibatan Gubernur Rusli? | Geger, Sejumlah WNI Tionghoa Sekap dan Aniaya Anggota TNI-AU di Medan | Mengaku Tobat, Sejumlah Kelompok Relawan Jokowi Bertekad Menangkan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 | Bendera “Agustusan” Dicopot Pengelola Apartemen Kalibata City, Warga Protes | Rakernas GSI, Ratna Sarumpaet: Kita Harus Jadi Provokator Terbaik untuk Perubahan

Dinsos dan PMD Boalemo Latih 77 Kader AMPL Desa

Bagikan dengan:
Wartawan: Kisman Abubakar~ Editor: Avi|

DM1.CO.ID, BOALEMO: Selasa (6/11/2018), Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) melalui District Project Management Unit Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III, melaksanakan pelatihan kader Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Desa lama, di Aula Citra Ayu Tilamuta.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman serta keterampilan bagi kader AMPL dalam mengawali pembangunan AMPL di desa.

Adapun program Pamsimas tahun 2018 terdiri dari desa yang telah mendapatkan program Pamsimas I, Pamsimas II, dan Pamsimas III. Yang diikuti oleh 77 peserta dari 77 desa se-Kabupaten Boalemo.

Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, dibuka Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rusdin Aminu, dan dihadiri oleh Kadis Sosial dan PMD, Nurdin Djaini; Kadis Perhubungan dan Permukiman, Meykowati Isa; Koordinator Pamsimas Kabupaten, Andalucia Nurdin; serta tim fasilitator masyarakat.

Nurdin Djaini dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan bagi seluruh kader AMPL Desa lama dimaksudkan untuk memberikan pembekalan bagi seluruh kader AMPL, agar mampu melakukan pemutakhiran capaian data akses SAM dan sanitasi serta strategi pembiayaan 100% akses air minum dan sanitasi.

“Kemudian para kader ini diharapkan mampu mendampingi dan memfasilitasi masyarakat desa dalam proses pelibatan masyarakat rentan dalam program Pamsimas,” ucap Nurdin.

Sementara Rusdin Aminu, selain mengapresiasi penyelenggaraan pelatihan kader AMPL se-Kabupaten Boalemo. Rusdin juga berharap pelatihan ini akan lebih meningkatkan keterampilan bagi kader AMPL dalam melaksanakan tugasnya sesuai kebutuhan program yang berbasis masyarakat.

“Tentunya dengan pelatihan seperti ini, diharapkan para kader AMPL yang tersebar di tujuh puluh tujuh desa se-Kabupaten Boalemo, akan mampu mengawali pembangunan terutama menyangkut persoalan AMPL di masing-masing desa,” tutup Rusdin Aminu. (kab/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up