Bupati Gorontalo Optimalkan Penanaman Padi Gogo

Bagikan dengan:
Wartawan: Faizal Ns~
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, LIMBOTO: Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada Senin (20/8/2018), memimpin langsung Rapat Koordinasi Pencapaian Kerja Upsus Padi, Jagung dan Kedelai, serta Pencapaian Program Kegiatan Tanaman Padi Ladang di Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Madani Kantor Bupati ini, turut dihadiri oleh Kementerian Pertanian, Sekda, Kadis Pertanian, Koramil, dan semua OPD Kabupaten Gorontalo.

Dalam kesempatan ini, pemerintah daerah mengimbau kepada masyarakat agar kiranya bisa memanfaatkan bantuan yang sudah disalurkan oleh Dinas Pertanian. Selain itu mengingat besarnya potensi yang ada, pembangunan pertanian di Kabupaten Gorontalo diharapkan bisa lebih maju lagi.

Terlebih pertanian di Kabupaten Gorontalo ini telah didukung dengan bibit yang unggul, lahan yang luas, serta alat pertanian yang lengkap. Maka sudah semestinya para petani dapat mengelola pertanian dengan baik. Mulai dari penggarapan lahan yang tidak digunakan menjadi lahan produktif, bercocok tanam, hingga hasil panen yang meningkat.

Selain tanaman padi sawah, pemerintah daerah juga mengoptimalkan penanaman padi ladang/gogo di tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Gorontalo. Hal ini diupayakan karena banyaknya lahan yang tidak terpakai dan sawah yang mulai mengering. Sehingga untuk memfungsikan kembali area tersebut, ditanamlah padi gogo.

“Padi gogo ini secara nasional dimulai dari Gorontalo, maka perlu untuk disukseskan. Jika padi gogo berkembang dengan baik maka Insya Allah pendapatan masyarakat khususnya para petani dapat meningkat,” harap Nelson.

Selanjutnya Nelson membeberkan, pencapaian penanaman padi gogo sudah sekitar dua ribu hektar dari 20 ribu hektar yang ditargetkan. Ada sedikit hambatan dalam pengelolaannya, sebab saat ini Gorontalo dilanda musim kemarau. Namun yang terpenting adalah penyiapan lahan dan kesiapan masyarakat dalam menanam bibit padi gogo tersebut.

Diakhir rapat, Nelson beserta rombongan langsung meninjau lokasi yang ada di Desa Pangadaa, Kecamatan Dungaliyo. (isal/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: