Boalemo Targetkan Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara pada Program Kabupaten Sehat 2018

Bagikan dengan:
Wartawan: Kisman Abubakar~
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, BOALEMO: Plh. Sekda Boalemo Mus Moha pada Kamis (13/9/2018), membuka pelaksanaan rapat koordinasi tentang persiapan verifikasi penyelenggaraan kabupaten sehat, yang akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang oleh tim dari tingkat provinsi dan nasional.

Sebagai kabupaten yang pernah meraih penghargaan pada kategori Swasti Saba Padapa, kemudian kategori Swasti Saba Wiwerda, kali ini Boalemo masuk dalam nominasi kabupaten sehat tahun 2018 untuk meraih penghargaan pada kategori Swasti Saba Wistara, atau tingkat ketiga dalam pelaksanaan penilaian kabupaten sehat se-Indonesia.

Swasti Saba sendiri artinya penghargaan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang sejahtera. Dimana terbagi dalam tiga kategori yakni padapa atau pemantapan, wiwerda atau pembinaan, dan wistara atau pengembangan.

Dalam laporan singkatnya, dr. Roni Imran mewakili Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan, rakor kali ini merupakan tindak lanjut atas pertemuan beberapa bulan lalu yang membahas tentang pelaksanaan verifikasi kabupaten sehat.

“Selangkah lagi Boalemo akan meraih penghargaan pada kategori wistara. Oleh karenanya dengan rakor ini diharapkan masing-masing Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lintas terkait, agar berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan verifikasi kabupaten sehat tingkat nasional pada Oktober mendatang,” ujar Roni.

Sementara Mus Moha berharap, kepada lintas sektor yang masuk dalam penilaian tatanan kabupaten sehat, kiranya terus membenahi data administrasi.

Sebab, tim dari provinsi maupun nasional nantinya akan melakukan verifikasi data administrasi, yang kemudian akan ditindak lanjuti di tingkat lapangan.

“Sehingga, apa yang menjadi penilaian tatanan agar segera mungkin dibenahi. Mengingat waktunya tinggal beberapa pekan ke depan,” tutup Mus. (kab/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: