Sebelum Bertugas, Pasangan Bupati Boalemo Darwis-Anas Ikuti Upacara Molo-opu

Bagikan dengan:
Wartawan: Kisman-
Editor: AMS

DM1.CO.ID, BOALEMO: Meski sudah dilantik, dan juga telah di-sahkan dalam sidang paripurna istimewa, pasangan Bupati Boalemo terpilih Darwis Moridu (DM) dan Anas Yusuf (AY) tidak serta-merta langsung bisa bertugas. Keduanya harus terlebih dahulu mengikuti upacara Molo-opu.

Upacara Molo-opu adalah upacara kebesaran yang dilakukan secara adat. Molo-opu digelar sebagai bentuk penyambutan pejabat baru untuk memangku jabatan secara resmi, baik di mata negara maupun di mata adat.

Pada Rabu (24/5/2017) atau 27 Syaban 1438 H, Upacara Kebesaran Adat Molo-opu kepada Darwis Moridu dan Anas Yusuf selaku pasangan Bupati Boalemo baru pun digelar.

Pada hari itu, proses adat Molo-opu tersebut dimulai pada pukul 11.05 Wita. Bupati Darwis Moridu turun dari kediaman pribadinya di Desa Kotaraja, Kecamatan Dulupi-Kabupaten Boalemo. Dari sana, Bupati H. Darwis Moridu diarak ke Rumah Dinas Bupati Boalemo.

Sementara Wakil Bupati Boalemo, Ir. H.Anas Yusuf dimulai pada pukul 15.00 Wita dari kediaman pribadinya, di Kabupaten Gorontalo.

Tahapan proses adat itu disebut Mopoto-opu Adati Potidunggu, artinya adat berjenjang turun. Adati Potidunggu itu sendiri adalah adat leluhur sebagai wujud penghargaan keluarga besar Darwis Moridu dari kampung halaman di Kabupaten Boalemo, yakni di Desa Kotaraja menuju Rumah Dinas Bupati Boalemo sebagai kediaman barunya dalam menunaikan tugas untuk rakyat.

Selain diikuti seluruh Pemangku Adat, Upacara Molo-opu itu juga dihadiri para anggota DPRD Boalemo, Forkopimda, pejabat dari seluruh SKPD, camat, kepala desa se-Kabupaten Boalemo. Sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan juga tampak di lokasi acara, mereka menyambut bupati baru dengan penuh suka-cita.

Menurut rencana, Bupati Boalemo Darwis Moridu bersama wakilnya akan menggelar apel perdana pada Jumat (26/5/2017), di lingkungan Kantor Bupati dengan seluruh SKPD dan jajarannya. Dan di hari itu juga langsung mulai bertugas. Selanjutnya, pada 100 hari kerja mendatang, Bupati Darwis akan mengunjungi seluruh desa-desa untuk melakukan evaluasi.

(pen/DM1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up