Bersiaplah, Mulai 27-28 Mei 2020 Matahari Tepat di Atas Ka’bah

DM1.CO.ID, JAKARTA: Kabar ini khusus bagi Umat Islam, bahwa mulai besok hingga lusa (27-28 Mei 2020), di Mekkah pada siang hari posisi matahari tepat di atas Kakbah (Ka’bah).

Peristiwa alam seperti ini tentu saja sangat penting buat Umat Islam. Sebab, dua hari berturut-turut itu adalah kesempatan untuk benar-benar kembali memastikan arah kiblat tepat di hadapan Kakbah.

Kabar ini disampaikan langsung oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui laman Fanpage resmi BMKG di Facebook.

“Assalamu’alaikum sobat BMKG. Mau ngasih info nih… Apaan tuh??? Besok dan lusa tanggal 27 dan 28 Mei, sobat BMKG yang muslim bisa melakukan pengecekan arah kiblatnya udah benar atau belum,” tulis BMKG, pada Selasa (26/5/2020).

“Kok bisa, trus caranya gimana??? Soalnya besok dan lusa tepat pukul 16.18 WIB Posisi Matahari tepat di atas Ka’bah,” lanjut BMKG.

Pihak BMKG menunjukkan caranya. Yakni, dapat dilakukan dengan meletakkan benda berbentuk batang secara tegak lurus, lalu tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol. “Arah kiblat yang benar adalah arah yang ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang,” tulis BMKG.

Peristiwa ini, menurut BMKG, hanya berlaku untuk Indonesia bagian Barat, dan Tengah bagian Barat. “Fenomena ini berlangsung dua kali dalam setahun, yakni pada 27-28 Mei pukul 16.18 WIB, serta 15-16 Juli pada pukul 16.26 WIB,” tulis BMKG.

“Sementara untuk Indonesia bagian Timur (juga sebagian Indonesia Tengah bagian Timur) penentuan arah kiblatnya dapat dilakukan saat Matahari di atas diantipoda Ka’bah (sebalik arah Kabah) yang terjadi setiap 16 Januari pukul 06.29 WIT dan 28 November pukul 06.09 WIT,” tutup BMKG. (mds/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

8.864 views

Next Post

Terima Kunjungan Raden Purwantara, Walikota Marten Taha: Banyak Kontribusi BPKP

Rab Mei 27 , 2020
DM1.CO.ID, GORONTALO: Peran serta BPKP terhadap pembangunan di Kota Gorontalo sangatlah penting, pencapaian keberhasilan kota Gorontalo tidak lepas dari kontribusi BPKP. Komentar anda :