Bentuk Relawan Covid19, Kades Riantje: Biar Kami yang Tangani, Kalian di Rumah Saja

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Bulontala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, menjadi desa siap tanggap terhadap virus Covid19 yang telah mewabah secara global.

Rabu (15/4/2020), di Aula Kantor Desa Bulontala Timur, pemerintah desa inipun secara khusus membentuk tim relawan untuk melawan pandemik virus Covid19.

Pada kesempatan tersebut, Riantje Hasan, S.AP, selaku Kepala Desa (Kades) Bulontala Timur mengukuhkan 20 orang sebagai tim relawan yang terdiri dari para aparatur desa, pendamping desa, unsur BPD (Badan Permusyawaratan Desa), anggota karang-taruna serta masyarakat.

Kades Riantje Hasan mengungkapkan, upaya penanganan pencegahan wabah Covid19 saat ini sangat penting dilakukan, sampai-sampai dana desa untuk pembelanjaan anggaran pun dilakukan pergeseran.

Sebab, menurut Kades Riantje, pemerintahan di seluruh tingkatan saat ini fokus dan lebih mengutamakan keperluan melawan Covid-19. Sehingga harus segera dilaksnakan tanpa harus ditunda-tunda.

“Masker, baju hujan, sepatu, sarung tangan, alat pembersih, tong penampung, tangki semprot sabun cuci tangan, dan belanja operasional serta akomodasi, adalah hal yang paling diutamakan sebagai tameng buat tim relawan,” urai Kades Riantje.

Kades Riantje menyebutkan tugas tim relawan yang telah dibentuknya tersebut. Di antaranya, melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh wilayah Desa Bulontala Timur, pembagian masker untuk masyarakat.

Selain itu, kata Kades Riantje, saat ini juga dilakukan pendataan masyarakat untuk diberikan bantuan berupa BLT (Bantuan Langsung Tunai), tentu saja bagi mereka yang dianggap berhak,  guna meringankan beban hidup yang saat ini sedang “dirumahkan” (stay at home).

Kade Riantje pun mengingatkan kepada seluruh warganya, agar benar-benar mendengarkan dan mematuhi imbauan pemerintah, terutama diminta untuk tetap berada di dalam rumah, dan tidak ke mana dulu untuk sementara waktu.

“Biarkan pemerintah bekerja, kalian di rumah dulu. Mari sama-sama kita lawan serta putuskan mata rantai Covid19 ini, yakni dengan cuci tangan, serta biasakan hidup sehat,” tutur srikandi Desa Bulontala Timur ini. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

8.878 views

Next Post

Marten Taha: Ramadhan Tahun Ini Pasar Senggol Ditiadakan

Kam Apr 16 , 2020
Wartawati/Editor: Dewi Mutiara DM1.CO.ID, GORONTALO: Selama pandemi COVID-19, pelaksanaan puasa di bulan Ramadhan tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Khususnya di Kota Gorontalo, Pemerintah Kota Gorontalo memutuskan mengikuti imbauan pemerintah pusat terkait pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang panduan ibadah […]