HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Dinkes Prov. Gorontalo Mantapkan Germas Melalui Penyusunan Rencana Operasional Lintas Sektor

Bagikan dengan:

Wartawati: Resti Djalil Cono || Edito: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo hingga saat ini benar-benar giat dan terus menggenjot Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) secara maksimal. Sebab, gerakan ini bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, sudah pasti membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, lintas sektor terkait agar senantiasa dilaksanakan secara berkesinambungan.

Dan untuk lebih memantapkan pelaksanaan Germas, Dinkes Provinsi Gorontalo pun menggelar Pertemuan Penyusunan Rencana Operasional dengan lintas sektor terkait dukungan Germas, Tingkat Provinsi Gorontalo, Ahad (22/12/2019) di Hotel Horison Nayumi, Kota Gorontalo.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Dr. Darda Daraba, ini bertujuan untuk menyusun rencana kegiatan Germas dengan lintas sektor kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo.

Dalam menyusun rencana operasional ini, Sekda Darda mengingatkan pentingnya untuk mengetahui filosofi Germas yang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan yang bertujuan mengajak masyarakat untuk menuju hidup sehat.

“Ada satu keinginan pemerintah, tentunya keinginan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, bahwa kita diajak untuk berpikir positif dan hidup produktif,” ucap Darda.

Selain itu, Sekda Darda mengingatkan perlunya membangun sinkronisasi dan integrasi untuk menunjang program masing-masing, agar dalam pelaksanaan seluruh kegiatan bisa sinkron dan sesuai dengan tujuan utama Germas.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda E. U. Nalole, M.Si, membeberkan bahwa Provinsi Gorontalo menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan Germas di regional Tengah Timur. Misranda mengungkapkan, hal ini adalah berkat dukungan lintas sektor provinsi dan lintas kabupaten/kota.

Menurut Misranda, ini perlu lebih diseriusi untuk penyusunan operasional dukungan lintas sektor terkait dengan Germas, agar upaya pencegahan penyakit menular dan tidak menular akan semakin baik. “Yakni dengan mengajak seluruh masyarakat melalui edukasi serta sosialisasi. Dan itu diharapkan mendapat dukungan dari seluruh lintas sektor,” imbau Misranda.

Misranda menegaskan, tanpa lintas sektor, bidang kesehatan tidak dapat berbuat apa-apa. “Karena Germas tidak hanya tanggung-jawab (dinas) kesehatan, tetapi tanggung-jawab seluruh sektor yang tergabung dalam tim koordinasi, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” tandas Misranda. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 12856