BEM/Dema Sulawesi Wilayah Provinsi Gorontalo Minta Ketua KPK Dicopot, Ini Alasannya

DM1.CO.ID, GORONTALO: Momentum hari lahir Pancasila saat ini menperlihatkan Pancasila sudah dijadikan hegomoni kekuasaan, atas nama Pancasila, hegemoni kekuasan sudah merusak percakapan publik.
Hal tersebut disampaikan Sandi S. Mobi selaku Koordinator BEM/Dema (Badan Eksekutif Mahasiswa-Dewan Mahasiswa) Sulawesi wilayah Provinsi Gorontalo, melalui rilis yang dikirim ke redaksi DM1, pada Jumat (4/6/2021).
Menurut Sandi, kekisruhan yang terjadi atas 75 orang pegawai KPK yang tidak lulus dalam assessment TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yang dijadikan sebagai syarat beralih status menjadi ASN, hingga saat ini masih menjadi topik utama di berbagai media.
Sandi menyebutkan, ini bukan tentang 75 pegawai yang sedang “merengek” karena tidak lolos TWK. “Tapi tanggung jawab kita bersama untuk memastikan pemberantasan korupsi tetap berada di jalur yang tepat,” katanya.
Olehnya itu, Sandi atas nama BEM/DEMA Sulawesi Wilayah Provinsi Gorontalo, meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memecat Ketua KPK, Firli Bahuri, dari Kepolisian.
Dalam keterangan resminya, Sandi pun mengajukan dua poin penting yang sudah disepakati bersama oleh seluruh Presiden BEM di Gorontalo. “Poin yang pertama, adalah meminta Firli dicopot atau mundur dari jabatannya sebagai Ketua KPK,” ujar Sandi.
Poin kedua, lanjut Sandi, yakni BEM/Dema Sulawesi Wilayah Provinsi Gorontalo meminta Kapolri untuk memecat Firli Bahuri dari keanggotaan Polri. “Pangkalnya, pengabaian tersebut tak ubahnya melanggar kode etik dan mencoreng institusi kepolisian,” tandas Sandi.
Dua poin tersebut, kata Sandi, juga diajukan kepada Presiden Jokowi , sebab Firli Bahuri secara dengan sengaja telah memperlihatkan upaya pembangkangan terhadap perintah Presiden Jokowi yang turut bersuara terkait pemecatan 75 pegawai KPK yang gagal tes TWK tersebut.
Sandi membeberkan, tuntutan pencopotan terhadap Firli Bahuri ini, tidak hanya datang dari BEM/Dema Sulawesi Wilayah Gorontalo, melainkan juga dikumandangkan oleh BEM di seluruh Indonesia. (kab/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

26 views

Next Post

Bersama Balai TNBNW, Kades Mito Tandatangani Konservasi Desa Sogitia

Sen Jun 7 , 2021
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Kepala Desa Sogitia, Sumitro Lopuo, bersama Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), pada Kamis (3/6/2021), di Balai Desa Sogitia, melakukan penanda-tanganan kesepakatan terkait Sogitia sebagai desa yang berbatasan langsung dan bahkan sebagian wilayahnya termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bogani Nani wartabone. Komentar anda :