Bangun RHP, Kades Bondaraya juga Serahkan Bantuan UMKM

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Desa Bondaraya, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, kini memulai pembangunan RHP (Rumah Hunian Pantas).

Pembangunan  RHP tersebut secara resmi dilakukan ditandai dengan peletakan batu pertama, pada Senin (9/11/2020), oleh Mohamad Alim selaku Kepala Desa (Kades) Bondaraya.

Pada kesempatan itu, Kades Alim menyebutkan, bantuan rumah layak huni ini diberikan kepada masyarakat yang benar-benar dianggap tak mampu memenuhi kebutuhan papan (rumah), sehingga pemerintah mengadakan hal ini guna menyejahterakan rakyat, agar bisa tenteram di masa tua.

Kades Alim menyatakan, pemberian bantuan RHP ini berdasarkan hasil kesepakatan pemerintah, tanpa ada campur tangan ataupun intimidasi dari pihak manapun.

Ia mengungkapkan, sumber anggaran program pemberian bantuan RHP ini berasal dari dana desa tahun 2020 sebesar Rp.54 Juta.

Dan menurut Kades Alim, program yang sudah tertuang dalam perencanaan tahun anggaran 2020 ini sebenarnya berjumlah 8 unit rumah, namun yang direalisasikan hanya menjadi 4 unit karena adanya masalah Covid19 .

Kades Alim pun menegaskan, segala bentuk bantuan yang ada di Desa Bondaraya ini seluruhnya diarahkan kepada mereka yang dianggap layak, dan benar-benar murni dari hasil peninjauan langsung di lapangan.

Bahkan, menurut Kades Alim, data dari lapangan menunjukkan jumlah yang cukup banyak. Dan data inilah yang bolak-balik dimasukkan ke pihak pemerintah kabupaten untuk diseleksi.

Acara peletakan batu pertama pembangunan RHP ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada 11 KK (Kepala Keluarga), yang dimaksudkan sebagai tambahan modal kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Selaku Kades Bondaraya, Mohamad Alim pun berharap banyak kepada masyarakat, khususnya para penerima agar dapat menggunakan benar-benar dan sebaik mungkin bantuan yang ada untuk manfaat yang lebih besar.

Kades Alim menyakini, bahwa jika bantuan dari dana desa ini digunakan dengan baik sebagaimana mestinya, maka tentu akan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, sekaligus membantu pemerintah dalam mewujudkan program menurunkan angka kemiskinan. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

1 views

Next Post

Ambulans “Ditarik”, Layanan Puskesmas Sanggona Pincang? Ini Alasan Kadis Kesehatan Koltim

Rab Nov 11 , 2020
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Layanan dasar di Puskesmas Sanggona, Kecamatan Uluiwoi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara, saat ini dinilai terancam pincang dan bahkan lumpuh akibat ditariknya ambulans dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tersebut. Komentar anda :