Walikota Gorontalo Ajak Warga Sukseskan Germas Hidup Sehat

Wartawan: Kisman Abubakar-
Editor: AMS

DM1.CO. ID, GORONTALO: Walikota Marten Taha mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di daerahnya, agar dengan penuh kesadaran masing-masing untuk turut bekerjasama menyukseskan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di Kota Gorontalo.

Ajakan tersebut disampaikan Marten Taha saat menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Program Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Tingkat Provinsi Gorontalo, yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Ahad (16/4/2017).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek Sp.M(K), yang sekaligus mencanangkan Germas Hidup Sehat.

Tujuan dilaksanakannya Rakerkesda dan Rakortek tersebut, salah satunya adalah mewujudkan sinergi pelaksanaan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Provinsi Gorontalo.

Menurut Marten Taha, secara umum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat perlu dimulai dari diri sendiri, misalnya dengan fokus melakukan 3 hal. Yakni, beraktivitas secaa fisik, mengonsumsi sayur dan buah, dan memeriksakan kesehatan secara berkala di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Walikota Marten Taha pun berharap semua Puskesmas di Kota Gorontalo hendaknya telah terakreditasi, minimal Madya.

Olehnya itu Marten Taha menyerukan kepada seluruh Puskesmas di Kota Gorontalo agar melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan akreditasi tingkat Utama. Misalnya, sarana dan prasarana harus dilengkapi, fasilitas untuk pelayanan, dan kualitas pelayanan yang harus lebih diutamakan.

“Poin itu yang harus kita lengkapi dan patuhi, agar program kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan di Kota Gorontalo bisa tercapai, seiring dengan digalakkannya Gerakan Masyarakat Hiduo Sehat.

(k17/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.988 views

Next Post

PDAM Kota Gorontalo Dinilai Lebih Layak Jadi “Warung Kopi”

Sel Apr 18 , 2017
Wartawan: Kisman Abubakar- Editor: AMS DM1.CO.ID, GORONTALO: Dari waktu ke waktu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo diketahui memang kerap menyuguhkan air kotor (keruh), yang kadang hitam menyerupai kopi, dan kadang pula coklat menyerupai coffee-mix. Sehingga sejumlah warga pun berkelakar, mungkin Walikota sebaiknya membuat PDAM Kota Gorontalo itu menjadi […]