HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Wabup Pohuwato Hadiri Rakor Forkopimda Provinsi Gorontalo, Ini yang Dibahas

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Wakil Bupati (Wabup) Pohuwato, Amin Haras, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda Provinsi Gorontalo diperluas, pada Selasa  (17/3/2020), di Aula Rumah Dinas Gubernur Gorontalo, Kota Gorontalo.

Sejumlah hal yang dibahas dalam Rakor tersebut. Di antaranya, mengenai antisipasi penyebaran COVID-19 (Virus Corona); persiapan Pilkada serentak 2020; dan antisipasi peredaran Miras (minuman keras) serta Narkoba

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, dan dihadiri Kapolda Gorontalo, Danrem, bupati/wali kota se-Provinsi Gorontalo.

Wabup Amin Haras sesaat usai acara tersebut membenarkan,  bahwa selain membahas masalah virus Corona, miras dan Narkoba, Rakor ini juga membahas tentang Pilkada serentak 2020 yang akan digelar di tiga daerah di Provinsi Gorontalo, yakni di Kabupaten Pohuwato, Bone Bolango, dan Kabupaten Gorontalo.

Selain Gubernur Rusli Habibie, kata Wabup Amin Haras, Kapolda Gorontalo bersama Danrem, bupati/wali kota juga turut manyampaikan paparan terkait tiga masalah yang dibahas tersebut.

Kesemua pejabat tersebut, ungkap Wabup Amin Haras, diminta mengemukakan langkah-langkah yang dilakukan oleh daerah dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona, serta upaya menangani peredaran miras dan Narkoba.

“Ia, saya mewakili pak bupati (Pohuwato), sudah menyampaikan paparan. Dan yang lebih menonjol atau yang diangkat, yakni bagaimana seluruh pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah dalam rangka pencegahan COVID-19,” jelas Wabup Amin Haras.

Terkait Virus Corona, menurut Wabup Amin Haras, tentu diharapkan masyarakat tidak usah panik, tapi tetap waspada dan diharapkan Pemda melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Terutama menerapkan pola hidup sehat, seperti makan teratur dan memakan makanan yang bergizi, membiasakan hidup bersih baik di dalam maupun di luar rumah.

Selain itu, kata Wabup Amin Haras, hendaknya masyarakat juga senantiasa menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan dengan sabun, serta menyediakan tempat-tempat untuk cuci tangan di rumah masing-masing.

Wabup Amin Haras juga menyampaikan, bahwa Pemda diharapkan membentuk gugus tugas percepatan penanganan penyebaran virus corona, membentuk posko terpadu di perbatasan masuk keluar daerah, seperti di pelabuhan.

Wabup Amin Haras juga menyebutkan sejumlah tugas tim terpadu tersebut. Yakni di antaranya melalukan pemeriksaan di daerah masing-masing terhadap masyarakat yang masuk keluar, serta memantau WNA (Warga Negara Asing) serta masyarakat yang keluar daerah maupun keluar negeri, serta juga menyediakan logistik dan fasilitas-fasilitas kesehatan termasuk Alat Pelindung Diri (APD).

Selanjutnya, kata Wabup Amin Haras, daerah juga diminta berusaha bagaimana tetap menyediakan ruang-ruang tertentu, terutama di fasilitas seperti rumah sakit untuk mengantisipasi bilamana ada yang terindikasi mirip dengan virus Corona.

Mengenai miras, jelas Wabup Amin Haras, Pemda diharapkan secara terpadu melakukan razia atau operasi pekat (penyakit masyarakat).

Tak hanya itu, kata Wabup Amin Haras, masyarakat juga diharapkan dapat sebisa mungkin menjauhi miras dan Narkoba, termasuk seluruh jajaran karyawan pegawai dan sebagainya.

Dan terkait pembahasan Pilkada, ungkap Wabup Amin Haras, Pemda diminta mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilkada di masing-masing daerah yang menyelenggarakannya. (din/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 12856