Sampaikan Aspirasi Rakyat, Kades Poduwoma “Todong” Ketua DPRD Bone Bolango

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Ketua beserta sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango, Jumat (24/4/2020), secara kebetulan memasuki wilayah Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur.

Sambil menyelam minum air. Kira-kira peribahasa itulah yang diterapkan Yusuf Puneli setelah mengetahui munculnya sejumlah anggota DPRD Bone Bolango di desanya.

Yusuf Puneli selaku Kepala Desa (Kades) Poduwoma bergegas “menodong” para wakil rakyat tersebut, lalu menyodorkan proposal pengerjaan jalan aspal.

“Di saat bertugas di Posko Relawan Covid19  dalam pemantau masyarakat keluar-masuk di desa, secara kebetulan muncul beberapa wakil rakyat Bone Bolango bahkan Ketua DPRD saat itu hadir, dan dengan sigap saya langsung menodong serta menyampaikan sebuah aspirasi rakyat,” ujar Kades Yusuf Puneli.

Sebagai salah satu desa wisata yang terbilang banyak dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah, Poduwoma tentunya memiliki berbagai program pembangunan dalam rangka lebih menggenjot kunjungan wisatawan di desanya. Termasuk kemudahan akses berupa jalan aspal.

Kades Yusuf Puneli mengaku, bahwa memang masalah pencegahan virus Corona saat ini adalah menjadi urusan yang sangat penting. Namun bukan berarti perencanaan ke depan menjadi terabaikan.

“Bukannya saya lebih peduli dengan proyek jalan ketimbang masalah pandemik Covid19 saat ini. Namun saya harus realistis, semoga ketika masalah Covid19 ini berakhir, paling tidak saya sudah menyampaikan (lebih dulu) aspirasi rakyat,” ujar Kades Yusuf Puneli.

Aspirasi yang sudah dalam bentuk proposal tersebut, kata Kades Yusuf Puneli, yakni sambungan pengaspalan jalan dari Dusun 1 Walidu menuju dusun 3 Limbuwahu.

Panjang jalan tersebut, lanjut Kades Yusuf Puneli, yaitu sekitar 1000 Meter. “Dan itu adalah merupakan aspirasi sekaligus tanggung jawab saya selaku kepala desa,” tutur Kades Yusuf Puneli.

Mumpung, kata Kades Yusuf Puneli, Ketua dan sejumlah Anggota Legislatif (Aleg) secara kebetulan muncul di Desa Poduwoma, maka tak ada salahnya disodorkan proposal yang menjadi kepentingan bersama itu.

“Karena untuk bertemu (secara sengaja) dengan Aleg, apalagi langsung dengan ketua DPRD adalah hal yang gampang-gampang susah, maka saya menggunakan kesempatan ini (kemunculan sejumlah Aleg tersebut),” terang Kades Yusuf Puneli.

Seperti biasa, lanjut Kades Yusuf Puneli, tanggapan Halid Tangahu selaku Ketua DPRD Bone Bolango selalu terbuka dengan senang hati, serta dengan ciri khasnya yang sederhana berjanji akan memenuhi permintaan pengaspalan jalan tersebut.

“Segala aspirasi rakyat akan tetap kami tampung, dan akan menjadi bahan pertimbangan untuk menjadi pembahasan kami ketika ada rapat pembahasan anggaran, mana yang lebih membutuhkan, itu yang diprioritaskan,” jelas Halid Tangahu ketika itu.

Berdasarkan pantauan awak DM1, selain jalan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, juga akses penunjang menuju wisata river tubing Desa Poduwoma yang sekarang menjadi destinasi yang cukup digandrungi saat ini. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: