Peringatan HUT Satpol-PP ke 68, Kabupaten Gorontalo Dihadiri Direktur Satpol-PP Kemendagri

DM1.CO.ID, GORONTALO: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Gorontalo gelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 68 Satpol PP dan HUT Ke 56 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) serta HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 99 tahun yang dilaksanakan di Lapangan David-Tony Limboto, Jumat (27/4/2018).

Upacara HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Gorontalo Prof. Nelson Poalingo yang dihadiri oleh Direktur Satpol PP Kementerian Dalam Negeri, Ir. H.Abdullah, Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Gorontalo, Kasatpol PP Provinsi Gorontalo, Dandim 713, Kapolres Gorontalo, PP Kabupaten/Kota, Kepala Basarnas, Para Asisten, Kepala OPD, serta Para Camat dan Kades se-Kabupaten Gorontalo.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nelson Pomalingo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara turut membacakan sambutan Mendagri Cahyo Kumolo, dimana pentingnya peran Satpol-PP, Satlinmas dan Damkar dalam menjaga ketertiban di masyarakat, apalagi di tahun 2018 ini merupakan tahun politik.

“Relevansi tugas dari Satpol-PP khusnya dalam menjaga perda, pilkada, peraturan desa, keamanan masyarakat, serta kamtibmas, sehingga dengan momentum pembentukan satpol-PP, Linmas sampai dengan tingkat desa adalah sesuatu yang baik bagi penyelenggaraan darerah, apalagi kita menuju tahun politik. Saat ini Hampir 2000 lebih Satlinmas yang akan membantu menjaga keamanan dan perlindungan masyarakat di setiap desa,” jelasnya.

Upacara tersebut juga di integrasikan dengan penadatangan nota kesapahaman Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan Polres Gorontalo, Kodim 1304 Gorontalo, serta pengukuhuan Satlinmas Desa/Keluruhan dan Pencanangan Wajib Piket/Ronda Tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2018.

“Dengan adanya MOU ini, linmas tidak sekedar dikukuhkan tetapi dapat diberdayakan dengan pengawasan dari pihak terkait, dan dapat saling berkolaborasi” ujar Bupati Nelson.

Orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo ini pun mengucapkan selamat ulang tahun ke 68  kepada seluruh Satuan Polisi Pamong Praja serta jajarannya, dan berharap kedepan bisa lebih meningkatkan kinerja sebagai salah satu instansi pemerintah yang melaksanakan tugas pengamanan kepada masyarakat.

“Di usianya yang lebih setengah abad ini polisi pamong praja diharap dapat meningkatkan kinerja sebagai salah satu instansi pemerintah yang melaksanakan tugas pengamanan kepada masyarakat dan penenggakan terhadap peraturan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah” Imbau Nelson.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Satpol-PP Kementrian Dalam Negeri Ir. H. Abdulah menyampaikan 3 hal yang menjadi tugas pokok dari Satpol-PP.

“Pertama menegakan peraturan Kepala Daerah. Kedua, melakukan keamanan dan ketentraman. Dan Ketiga, menyelenggarakan perlindungan masyarakat,” urai Abdullah.

Dirinya menyampaikan bahwa kemendagri saat ini tengah mengupayakan peningkatan fasilitas berupa alat perlengkapan lapangan Satpol-PP.

“Pada tahun 2015 -2016 kita punya dana alokasi khusus, namun tahun 2017-2018 dana itu tidak ada lagi karena dana sudah diupayakan pada peningkatan infrastruktur, semoga tahun 2019 nanti kita bisa bantu lagi kepada Satpol PP yang ada di daerah,Karena dana ini sangat penting dalam melaksanakan tugas dalam menegakan Perda,” tukasnya.

Direktur Satpol-PP pun sempat memuji kepala maupun personil Satpol-PP yang ada di Kabupaten Gorontalo ini.

“Terkait HUT linmas, saya lihat di Kabupaten Gorontalo banyak personilnya, pihaknya mengapresiasi dibentuknya Linmas Berdaya Lingkungan Nyaman atau yang disebut ‘Linmas Bagaya’, apa yang digagas oleh Kepala Satpol-PP Kabupaten Gorontalo sangat baik untuk menjadi rujukan di daerah lain sebagai  penguatan dalam membina operasional secara tehknis, karena di pusat sana punya Kemendagri Linmas,” tutup Abdullah. [vt/dm1]

Editor : Vita Pakai
Komentar anda :

Muis Syam

1.895 views

Next Post

Reaksi Kemenkeu Soal Ajakan Rizal Ramli Adu Argumen dengan Sri Mulyani Soal Utang Negara

Sab Apr 28 , 2018
DM1.CO.ID, JAKARTA: Menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menantang para politikus  untuk berdebat soal utang negara dengan Sri Mulyani, ekonom senior sekaligus Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Rizal Ramli (RR) melalui akun Twitter-nya @RamliRizal, Jumat (27/4/2018) menyatakan kesiapannya untuk beradu argument dengan Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI saat ini, mengenai utang Indonesia […]