Perayaan HUT-RI ke-74 di Bulango Selatan Meriah, Sukriyanto: Siapa Tahu Ada Bakat Baru yang Muncul

Bagikan dengan:

Wartawati: Resti Djalil Cono | Editor: AMS

DM1. CO.ID, BONEBOLANGO: Momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-74 tahun ini, diramaikan di banyak tempat. Salah satunya di Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol).

Guna memeriahkan HUT Proklamasi RI yang tiap tahunnya diperingati pada 17 Agustus tersebut, di Kecamatan Bulango Selatan inipun mengadakan sejumlah kegiatan dan acara.

Camat Bulango Selatan, Sukriyanto Katili, dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut menyatakan, selain untuk melihat siapa yang mampu atau tidak di dalam bakat seni dan olahraga, acara ini juga adalah untuk membina rasa persaudaraan.

“Acara ini juga dilaksanakan dengan niat mempererat tali silaturahmi antar-warga,” tutur Sukriyanto Katili, Senin malam (12/8/2019).

Beberapa kegiatan menarik yang dikemas dalam Festival Seni dan Olahraga di Kecamatan Bulango Selatan inipun, cukup mengundang antusias. Di antaranya, pertandingan tarik-tambang, dan juga permainan tradisional lainnya, seperti hadang-hadang.

Tak hanya warga biasa, tetapi seluruh elemen masyarakat di kecamatan inipun turut melibatkan diri di setiap ajang seni dan olahraga yang diperlombakan.

Di antaranya adalah dari segenap pemerintah desa, kepala dusun, kepala sekolah, Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, hingga penanggung jawab PAUD, turut ambil bagian untuk memperlihatkan kemahiran dan kemampuan masing-masing di bidang seni dan olahraga.

Selaku Camat Bulango Selatan, Sukriyanto Katili pun berharap, jika nantinya dalam ajang ini mampu melahirkan generasi yang berbakat dalam seni dan olahraga, hendaknya bisa diberi perhatian oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

“Siapa tahu dengan kegiatan kecil seperti ini akan muncul bakat-bakat baru, yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Bone Bolango,” ujar Sukriyanto.

Sukriyanto juga menegaskan, dengan bertambahnya usia kemerdekaan ini, hendaknya kemeriahan ini tak hanya sekadar agenda tahunan.

“Melainkan dapat kita jaga kerukunan umat, serta berbangsa dan bernegara. Dan saya memulai itu dari yang paling kecil, yaitu dari kecamatan saya, saling mengukuhkan hubungan silaturahmi antar-warga melalui acara kecil ini,” pungkas Sukriyanto sambil tersenyum tipis.

Sementara itu seorang peserta lomba seni, Gafur Patuti, yang juga selaku Kepala Desa (Kades) Huntu Utara, mengaku sangat kagum dengan kemeriahan kegiatan ini.

“Acara ini cukup menghibur masyarakat, karena semua kades ikut serta. Bahkan yang sama sekali tidak punya bakat di bidang kesenian (menyanyi), tetap di wajibkan ikut. Alhasil, menambah semarak acaranya,” ujar Gafur.

(res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up