Pelaksanaan Idul-adha 1441 H, Pemkot Gorontalo Tunggu Hasil Koordinasi Gugus Tugas Covid19

DM1.CO.ID, GORONTALO: Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo akan menunggu hasil koordinasi bersama gugus tugas penanganan covid19 Provinsi Gorontalo, terkait  pelaksanaan Hari Raya Idul-adha, yang jatuh pada Jumat (31 Juli 2020).

Hal itu disampaikan pihak Pemkot Gorontalo melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Deddy kadullah, saat memberi kesimpulan dalam rapat yang dipimpinya, Selasa (14/7/2020).

Rapat yang digelar di Aula Kantor Wali Kota Gorontalo itu, membahas teknis penyelenggaraan Idul-adha dan penyembelihan hewan kurban 1441 Hijriah,  di tengah masih mewabahnya virus Corona di Kota Gorontalo.

“Sampai sekarang wabah covid -19 masih ada. Nah, di Kota Gorontalo sendiri statusnya belum seratus persen hijau. Jadi kita akan menunggu hasil rapat bersama dengan tim gugus tugas Provinsi Gorontalo,” ungkap Deddy.

Meski begitu, menurut Deddy, pihaknya telah mempersiapkan skema pelaksaannya nanti, apabila Kota Gorontalo dapat menyelenggarakan Idul-adha secara berjamaah.

“Semua kita  persiapkan jauh sebelumnya, baik tempat salat Idul-adha maupun jumlah hewan qurban yang akan disembelih. Dengan syarat harus memenuhi protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Deddy mengungkapkan, sebenarnya pedoman pelaksanaan Idul-adha telah diatur melalui surat edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020.

Dalam edaran itu, kata Deddy, daerah dapat melaksanakannya. Namun, apabila daerah tersebut dianggap belum aman dari Covid 19, maka pelaksanaan seperti biasanya dapat ditiadakan, berdasarkan keputusan bersama pemerintah dan gugus tugas setempat.

“Kami juga meminta camat dan lurah, untuk mendata lokasi menjadi tempat pelakasanaan Salat Idul-adha. Begitu juga tempat penyembelihan hewan. Tujuannya untuk memudahkan saat melakukan pemantaun di lapangan,” katanya. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

3 views

Next Post

Gorontalo Berduka: Mantan Bupati Gorontalo Wafat, Netizen Ramai Kirimkan Doa

Kam Jul 16 , 2020
DM1.CO.ID, GORONTALO: Kabar duka tiba-tiba menghinggapi dan memenuhi jagat langit daerah Serambi Madinah. Kamis siang (16 Juni 2020) sekitar pukul 14.15 WITA, mantan Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, diinformasikan meninggal dunia di Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS), Kota Gorontalo. Komentar anda :