Pejabat India Ini Ungkap Internet dan Satelit Sudah Ada Sejak Zaman Mahabharata

DM1.CO.ID, NEW DELHI: Sebuah pernyataan kontroversial muncul dari seorang pejabat tinggi di Negara bagian Tripura, India, Bimlap Kumar Deb. Pernyataan itu pun menyita perhatian publik. Bagaimana tidak?  Kumar Deb  dengan yakin mengatakan bahwa teknologi internet dan satelit telah ada di India sejak zaman Mahabharata.

Dikutip dari India Times pada Minggu (18/4/2018), argumen tersebut dilontarkan oleh Kumar Deb ketika berbicara di sebuah seminar reformasi jaringan internet di kota Agartlala.

“Internet dan komunikasi satelit telah ada pada zaman Mahabharata. Bagaimana mungkin Sanjaya (kusir Raja Dhritarashtra) memberikan penjelasan rinci dan deskripsi kepada raja buta tentang pertempuran Kurukshetra? Itu berarti internet ada di sana, satelit dan teknologi itu ada di negara ini pada waktu itu,” katanya panjang lebar.

Dirinya menambahkan, bahwa  kedua teknologi tersebut telah diklaim secara sepihak oleh Eropa dan Amerika, karena menurutnya internet dan satelit merupakan hasil dari perkembangan budaya leluhur masyarakat India.

“Internet dan sistem satelit telah ada di India selama puluhan abad lalu, menjadi budaya terkaya milik bangsa kita, dan saya merasa bangga akan hal itu,” ujarnya bangga, seraya menyebut India modern berada di posisi terdepan dalam pengembangan teknologi informasi.

Kumar Deb mengatakan seperti halnya Microsoft yang dimiliki oleh perusahaan Amerika Serikat namun Insinyurnya sebagian besar berasal dari Negara India. “Lihat Microsoft, mungkin perusahaan AS. tetapi sebagian besar insinyurnya semuanya berasal dari negara kami.”

Sementara itu, dirinya juga menyebut, entah mengapa kedua temuan itu mendadak hilang di tengah jalan padahal keduanya secara signifikan telah mengalami perkembangan di era Mahabharata.

Menurutnya, masa-masa ‘kehilangan’ tersebut terjadi ketika bangsa-bangsa Barat mulai berdatangan ke India, dan kemudian mengubahnya menjadi wilayah koloni.

“Namun, sekali lagi, India telah kembali menunjukkan posisi kuatnya. Anda bisa membuktikannya dari populasi insinyur kami yang mendominasi perusahaan perangkat lunak kenaaman di AS,” katanya.

Kumar Deb juga menyebut bahwa Perdana Menteri Narendra Modi telah menyadari hal itu, dan mendorong digitalisasi besar-besaran di tengah masyarakat India.

“Perdana Menteri kami sendiri aktif di media sosial, dan dia meminta setiap anggota parlemen, dan bahkan Menteri, menunjukkan aktivitas mereka secara real time,” ujarnya dengan bangga.

[lp6/vt-dm1]
Komentar anda :

Muis Syam

2.521 views

Next Post

Pesawat Lion Air Tergelincir di Gorontalo

Ming Apr 29 , 2018
DM1.CO.ID, GORONTALO: Diduga akibat cuaca buruk dengan intensitas hujan lebat sejak petang tadi, Ahad (29/4/2018), membuat Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 892 tergelincir sesaat setelah mendarat di Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Komentar anda :