Ngaku Kartu ATM Tercecer, “Wakil Walikota Makassar” ini Minta Bantuan Rp.10 Juta

DM1.CO.ID, MAKASSAR: Akun Facebook Syamsu Rizal Mi (Daeng Ical), tiba-tiba menyapa Pemimpin Redaksi dm1.co.id Abdul Muis Syam (AMS), Selasa sore (14/2/2017). Tak hanya sekadar menyapa dan bertanya kabar, Daeng Ical juga meminta bantuan uang Rp. 10 Juta kepada AMS.

Daeng Ical dan AMS memang diketahui berteman dan alumni se-angkatan sama di SMA Negeri 9 Makassar. Namun saat itu, Daeng Ical di kelas Sos (A3) dan AMS di kelas Fisika (A1).

Saat Daeng Ical menyapa via inbox Facebook (FB), AMS mengaku sedikit kaget namun tetap tenang. Sebab, sejak lulus dari SMA hingga Daeng Ical telah menjadi Wakil Walikota Makassar pun tak pernah ada lagi komunikasi.

“Tumben bung Ical menyapa, ada apa?” bisik AMS dalam hati saat membaca pesan pembuka dari Daeng Ical via inbox FB sore itu. Hingga kedua teman lama ini pun saling chatting. Berikut ini adalah percakapan (chatting) Daeng Ical dan AMS via FB:

Daeng Ical: “Assalamualaikum. Apa kabar?

AMS: “Wa ‘Alaikum salam. Alhamdulillah, baik2. Pun Pak Wawali.. bagaimana kabarnya?”

Daeng Ical: “Baik juga pak. Lagi di mana-ki ini?

AMS: “Saya merantau ke Gorontalo selepas mengundurkan diri dari Harian Fajar tahun 2001. Sekarang saya tetap di Gorontalo, jalankan usaha media sejak 2001 itu sampai sekarang.”

Daeng Ical: “Lagi sibuk-ki kawan?

AMS: “Tidak-ji bro. Pak Walikota itu tahu persis saya, karena pernah saya bersahabat sekaligus jadi partner saat beliau ikut lomba desain kantor Gubernur Gorontalo. Jadi pak Walikota tahu persis bagaimana kesibukanku.”

Daeng Ical: “Saya mau minta tolong kawan. Lagi di mana sekarang?

AMS: “Baru habis briefing sedikit wartawan2ku, jadi  masih santai2 sedikit di kantor.”

Daeng Ical: “Bro saya mau minta tolong.

AMS: “InsyaAllah semampu saya, apa itu kawan?” (Di benak mengira-ngira, mungkin kerjasama untuk pemberitaan kegiatan kerja di media massa sebagai Wakil Walikota)”

Daeng Ical: “Bisa Ki transfer kan staff ku dana 10 kawan. Soalnya ATM-ku tidak tahu tercecer di mana? 10 juta kawan. Saya minta tolong, karena lagi di Sidrap dia.”

Usai membaca maksud orang yang mengaku sebagai Syamsu Rizal Mi itu, AMS pun merasa sangat kaget tapi langsung paham, bahwa hanya orang bodoh bin tolol yang mau percaya dengan alasan super-goblok seperti itu.

Kendati begitu, AMS tetap menulis balasan dengan menulis penegasan, “Oo.. klu itu saya angkat tangan, bro. Silakan cari kawan lain untuk itu. Sorry…!!!!”

Setelah membaca jawaban dari AMS, orang yang memakai nama Syamsu Rizal Mi itupun tak lagi membalas sepatah-katapun.

Dari situ,  AMS mengaku tak perlu mengonfirmasikan hal tersebut kepada Daeng Ical. Sebab, selain “akses” ke Daeng Ical yang memang sudah sulit untuk dihubungi, AMS juga sudah bisa memastikan, bahwa akun FB Syamsu Rizal Mi (Wawalikota Makassar) itu telah diretas orang untuk memperdaya alias menipu orang lain.

Dan maksud modus-operandi seperti ini sebetulnya pernah terjadi. Bedanya, para hacker hacker yang berhasil menjebol akun FB milik orang itu digunakan hanya untuk meminta dikirimi pulsa HP.

“Ya, kita tunggu saja klarifikasi dari Daeng Ical yang asli tentang hal ini,” ujar AMS seraya menambahkan, bahwa jika benar ini adalah upaya penipuan dengan sengaja meretas akun FB milik orang lain, maka polisi harus bisa mengejar dan menciduk para pelakunya.

Dan untuk lebih jelasnya mengenai chatting tersebut, AMS sempat merekamnya dalam bentuk video. Berikut videonya:

(ams/DM1)
Komentar anda :

Muis Syam

2.252 views

Next Post

Cegah Potensi Konflik Pilkada DKI, Rizal Ramli Temui Ketua Umum PP Muhammadiyah

Sel Feb 14 , 2017
DM1.CO.ID, JAKARTA: Mengingat situasi di dalam negeri, khususnya di DKI akhir-akhir ini yang kian hari makin terus memanas, dengan amat frontal bela-membela serta saling serang-menyerang terutama di media sosial yang nampaknya tidak mengenal adanya “minggu tenang” itu, membuat DR. Rizal Ramli pun terpanggil untuk mengajak semua pihak agar tetap menjaga […]