Layanan Bertambah, RSTN Boalemo Optimis Raih Kelas B

Wartawan: Kisman Abubakar~
Editor: AMS

DM1.CO.ID, BOALEMO: Pihak Rumah Sakit Tani dan Nelayan (RSTN) Kabupaten Boalemo saat ini menyatakan telah menambah tiga jenis layanan, yakni rehabilitasi medik, bedah mulut, dan patologi anatomi.

Ketiga jenis layanan tersebut dapat diadakan dan dimunculkan karena penunjang pelaksanaan penanganannya juga telah disiapkan, yakni berupa fasilitas serta para dokter ahli di masing-masing layanan.

Menurut pihak RSTN, dilakukannya penambahan tiga layanan kesehatan tersebut, selain untuk memenuhi tuntutan masyarakat, juga dimaksudkan sebagai bagian dari upaya pihak RSTN untuk meraih akreditasi atau peningkatan kelas RSTN dari tipe C ke tipe B.

Penanggung jawab Laboratorium di RSTN Boalemo, Firman mengatakan, untuk di laboratorium RSTN Boalemo kini ada ketambahan tiga jenis pelayanan yang kini sudah bisa dioperasikan.

Firman menyebutkan, salah satunya yang utama itu adalah TB-MDR (Tuberkolosis Multi Drug Resistant), yaitu pemeriksaan tuberkulosis yang resistan terhadap obat. “Sebelumnya kemarin-kemarin dilakukan instalasi alatnya. Sekarang (alat itu) sudah bisa dioperasikan oleh dokter ahli yang juga sudah disediakan,” ujarnya.

Penambahan layanan tersebut juga dibenarkan oleh direktur RSTN Boalemo, dr. Sukri Djakatara, Sp.A. “Di penghujung tahun 2017 ini, kami RSTN ketambahan jenis pelayanan. Dan untuk pelayanan rehabilitasi medik yang selama ini (sebelumnya) hanya dilayani oleh perawat, kini telah ditangani oleh dokter spesialis rehabilitasi medik,” tutur dr. Sukri.

Dengan dilakukannya penambahan layanan tersebut, menurut dr. Sukri, maka RSTN Boalemo diharapkan dapat meraih akreditasi dan peningkatan kelas RSTN Boalemo dari tipe C ke tipe B.

Dijelaskannya, saat ini ada beberapa persyaratan yang sedang diproses untuk meraih akreditasi atau peningkatan kelas tersebut. Di antaranya, menurut dr. Sukri, dalam bulan ini pihak RSTN akan mengoperasikan ruang OK (Operatie Kamer/ Ruang Operasi) yang terbaru, termodern dengan standar internasional.

Selain itu, lanjut, dr.Sukri, juga ada rehab ruang ICU yang terbaru. “Semua ini kami lakukan untuk memperkuat RSTN Boalemo ke depan nanti akan beralih ke rumah sakit tipe B,” ungkap dr. Sukri.

Dengan adanya penambahan layanan RSTN Boalemo beserta fasilitas penunjangnya, dr. Sukri pun menyerukan kepada masyarakat Boalemo untuk tidak usah lagi repot berobat di tempat jauh-jauh. “Sebab hampir seluruh layanan kesehatan sudah kami siapkan di RSTN ini,” ucap dr. Sukri.

(kab/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

2.167 views

Next Post

HKN 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Bertekad Wujudkan Germas

Ming Nov 12 , 2017
Wartawan: Kisman Abubakar Editor: AMS DM1. CO. ID, GORONTALO: Tanggal 12 November adalah Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang tentu saja setiap tahunnya sangatlah patut diperingati oleh semua pihak. Komentar anda :