Layak Jadi Capres, Inilah Kelebihan Rizal Ramli Mampu Menjalankan Ekonomi Pancasila

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, JAKARTA: Ekonom senior DR Rizal Ramli (RR) mampu mengejawantahkan ekonomi Pancasila secara nyata dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara. Inilah salah satu kelebihan RR yang tidak dimiliki ekonom lainnya.

Ubaidillah Badarun, Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengatakan RR mampu menerjemahkan secara baik konsep ekonomi Pancasila, ekonomi Kerakyatan.

Ubaidillah juga menyebut RR memiliki kemampuan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi Indonesia yang belakangan terasa semakin mengkhawatirkan. “Rizal Ramli layak menjadi cawapres atau bahkan capres,” ujarnya.

Rizal Ramli termasuk tokoh yang kerap disebut pantas ikut dalam ajang Pilpres 2019.

Awal Maret 2018 lalu mantan Menko Perekonomian dan Menko Maritim itu mendeklarasikan diri siap memimpin Indonesia. Deklarasi disampaikan di kediaman pribadinya di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan.

Sikap prihatinnya terhadap kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya stagnan pada angka 5 persen merupakan salah satu faktor yang mendorongnya berani mendeklarasikan diri sebagai capres 2019.

“Alasan saya mencalonkan diri karena ingin membangun perekonomian Indonesia yang selama ini stagnan di kisaran 5%. Capaian ekonomi sebesar ini tidak cukup menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, menyebabkan daya beli lemah dan kemiskinan sulit ditekan,” tutur Rizal.

RR mengungkapkan, Ekonomi Jepang tumbuh 12% selama 20 tahun setelah perang dunia kedua. Pertumbuhan ekonomi China bisa 12% dalam 20 tahun lebih. “Insya Allah kami genjot pertumbuhan ekonomi di atas 10% dalam 5 tahun,” kata Rizal.

Mantan penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa Bangsa ini menjelaskan, jika ekonomi tumbuh di atas 10 persen, pendapatan perkapita tahun 2019 dari 4 ribu dolar akan dinaikan minimum jadi 7 ribu dolar. Dengan pertumbuhan ekonomi dua kali lipat dari hari ini maka lapangan kerja jadi banyak.

Soal peluang diusung parpol, Rizal mengemukakan optimismenya. “Jika Allah menghendaki, Dia berkata Kun fayakun (jadi maka jadilah). Man jadda wajada (siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil),” ucap Rizal mengutip ayat Al Quran dan ungkapan Arab.

(rmol/vt-dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

1,825 views

Next Post

Jutaan Data Personal Pengguna Facebook Dibobol, Cek Keamanan Akun Kita Dengan Cara Ini

Kam Apr 12 , 2018
DM1.CO.ID: Kasus bocornya jutaan data personal pengguna Facebook di Indonesia yang dicuri oleh Cambridge Analytica masih menjadi perhatian kepolisian dan Kemkominfo. Komentar anda :