Kades Bonda Raya Bangun 8 Unit Rumah Sehat

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Kepala Desa (Kades) Bonda Raya, Mohamad Alim, melakukan peletakan batu pertama pada program pembangunan rumah sehat, Senin (6/4/2020).

Selain dihadiri Camat Suwawa Selatan, kegiatan ini juga disaksikan langsung Bhabinkamtibmas, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) beserta seluruh aparat desa setempat.

Pada kesempatan tersebut, Kades Mohamad Alim mengungkapkan rasa syukurnya, sebab program rumah sehat ini akhirnya dapat dimulai pelaksanaan pembangunannya, setelah dicanangkan di beberapa bulan sebelumnya.

Dan tentu saja, menurut Alim, pencanangannya bukan hanya sekadar ekspektasi belaka. “Alhamdulillah, hari ini kita memulai pembangunannya,” ujar Alim.

Peletakan batu pertama ini, ungkap Alim, adalah sebagai tanda dimulainya pembangunan 8 unit rumah sehat, yang anggarannya bersumber dari Dana Desa 2020.

Alim menyebutkan, untuk tahun ini 8 unit rumah sehat tersebut memang telah dimasukan ke dalam program kerjanya. “Dana Desa harus jelas dan tranparansi,  apa yang ada di RAB itu yang harus dijalankan, tentunya dengan penuh tanggung-jawab,” tegas Alim.

Kades Alim menjelaskan, program  ini merupakan kolaborasi program Tim Penggerak PKK Desa Bonda Raya, yaitu rumah sehat. Dan ini direalisasikan sebagai wujud kepedulian pemerintah desa, terutama dalam upaya pencegahan stunting, serta rumah layak huni dalam segi kesehatan bagi masyarakat.

Terlebih saat ini, kata Kades Alim, virus Corona telah mewabah secara mengglobal, tentunya sangat dibutuhkan pola hidup yang sehat agar imunitas tubuh juga bisa memadai.

Olehnya itu, pada kegiatan peletakan batu pertama tersebut, Kades Alim juga tak lupa menyerahkan makanan tambahan kepada sejumlah ibu hamil serta balita yang berasal dari rumah tangga ekonomi lemah, untuk pemenuhan nutrisi seimbang.

“Rumah sehat saya rasa tidak cukup, apabila kebutuhan nutrisi makanan tidak tercukupi. Sandang, pangan dan papan adalah kebutuhan mendasar manusia, paling tidak dua dari tiga tercukupi,” tutur Kades Alim.

Kades Alim mengingatkan, saat ini dengan mewabahnya Covid-19, tentunya pola hidup sehat menjadi hal yang sangat penting, dan juga daya imunitas tubuh harus benar-benar diperhatikan, misalnya dengan memberikan vitamin dan gizi di dalam rumah yang layak.

“Sehingganya, program rumah sehat serta pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu hamil dan balita adalah program paling dibutuhkan saat ini,” pungkas kades berjiwa milenial ini.

Di tempat terpisah, Oktavianus Tangahu selaku Camat Suwawa Selatan memberi apreasi atas terobosan program yang dilakukan oleh Kades Bonda Raya tersebut.

Namun Ayah Oyis (sapaan akrab Camat Oktavianus Tangahu) mengingatkan, hendaknya program dana desa harus benar-benar digenjot lagi, dan harus tepat sasaran.

“Jangan sampai  yang layak dapat, namun tidak termasuk. Dan yang tidak layak dapat, malah tercover,” ujar Ayah Oyis. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: