Inovasi Pelayanan Dinas Dukcapil, Pemkab Pohuwato Serahkan Mobil Operasional

Bagikan dengan:
Wartawan : Ruslan~
Editor : Vita Pakai ||

DM1.CO.ID, POHUWATO: Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil di Kabupaten Pohuwato, maka Dinas Kendudukan Catatan Sipil dan Kependudukan (Dukcapil) Kabupaten Pohuwato tahun ini mengadakan kendaraan operasional roda empat yang akan melayani langsung dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di setiap kecamatan di Kabupaten Pohuwato.

Mobil operasional pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil ini diserahkan langsung oleh Bupati Pohuwato, H. Syarif Mbuinga, kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pohuwato, Ratnawati Tulie, Selasa (17/4/2018) di halaman kantor Dinas Dukcapil.

Sesaat sebelum menyerahkan kendaraan tersebut, Bupati Syarif berpesan kepada Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pohuwato agar memelihara dan menjaga kendaraan tersebut untuk melayani masyarakat dalam hal pelayanan dokumen kependudukan yang dibutuhkan seperti pencatatan KTP elektronik, KK, Akte Kelahiran serta dokumen lainnya.

Dengan diadakannya mobil pelayanan dokumen kependudukan tersebut, maka nantinya masyarakat Kabupaten Pohuwato yang tempat tinggalnya terpencil akan langsung dilayani di tempat dan tidak perlu lagi susah-susah datang ke kabupaten untuk mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan.

“Mobil tersebut dikhususkan untuk mendatangi tempat atau desa-desa terpencil yang sulit dijangkau,” ujar Kepala Dinas Dukcapil, yang ditemui secara terpisah oleh Awak DM1 .

Selain itu, khusus untuk pencatatan KTP elektronik, Kepala Dinas Dukcapil yakin akan menyelesaikan tepat waktu yaitu sesuai dengan instruksi Dirjen Dikpendu yakni sebelum Pemilihan Presiden 2019.

“Untuk perekaman Penduduk sudah selesai 100%, kami sekarang fokus pada pencatatan anak usia 0-17 tahun dan penduduk yang pada tahun depan genap berusia 17 Tahun, untuk masyarakat Kabupaten Pohuwato yang bermukim di luar daerah kami sudah melakukan pemberitahuan baik langsung maupun melalui media sosial,” tutur Ratnawati.

Terkait kekosongan blangko, Ratnawati juga mengatakan bahwa khusus Kabupaten Pohuwato, dirinya menjamin tidak akan terjadi hal seperti itu.

[rsl/dm1]

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

3,748 views

Next Post

Ketum Badko HMI SulutGo Dianiaya Sekelompok Orang Tak Dikenal

Sel Apr 17 , 2018
Wartawan : Kisman Abubakar~ Editor : Vita Pakai || Komentar anda :