HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Ini Alasan DKP dan Forikan Boalemo Ajak Makan Ikan Segar

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BOALEMO: Tak hanya pemerintah, gerakan ayo makan ikan saat ini juga digaungkan oleh berbagai elemen.

Selain untuk mendorong masyarakat agar mengomsumsi ikan segar, gerakan masyarakat makan ikan ini juga dilakukan karena manfaat ikan bagi pertumbuhan sangat penting, terutama bagi generasi penerus bangsa dalam meningkatkan kecerdasan dan kesehatan.

Olehnya itu, gerakan makan ikan segar inipun dituangkan dalam Pasal 2 ayat 6 Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, (termasuk ikan segar).

Tidak hanya itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga telah menancapkan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan), dan pula membentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) secara nasional, termasuk di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Bahkan saat ini, Kabupaten Boalemo memperlihatkan keseriusannya untuk benar-benar dapat menyukseskan gerakan masyarakat makan ikan tersebut.

Buktinya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Boalemo bersama pengurus Forikan serta sejumlah stakeholder di Kabupaten Boalemo, langsung melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), di Kota Manado, selama 3 hari (Rabu-Jumat, 21-23 November 2018).

Bimtek yang mengambil slogan “Segar Setiap Hari Ayo Makan Ikan untuk Generasi yang Sehat, Kuat, Cerdas Kini dan Nanti”, itu dibuka langsung oleh Bupati Boalemo, Darwis Moridu, diikuti pengurus Forikan, sejumlah stakeholder terkait dan para camat se-Kabupaten Boalemo.

Bimtek yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Boalemo tersebut, diharapkan mampu mendorong penyebaran Program Nasional Gemarikan secara lebih luas.

Selain itu, kepengurusan Forikan Kabupaten Boalemo juga diharapkan mampu mendukung program pemerintah dalam peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan di Kabupaten Boalemo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Boalemo, Adnan Marjuk, SST dalam sambutanya pada pembukaan Bimtek itu menyebutkan tujuan diselenggarakannya Bimtek tersebut.

Yakni, memberikan pemahaman bagi pengurus Forikan dan stakeholder terkait dalam meningkatkan konsumsi ikan dan menyosialisasikan makan ikan sebagai budaya bangsa untuk membentuk generasi yang sehat dan cerdas; mewujudkan peserta Bimtek menjadi wadah bagi para inisiator, inspirator, motivator; dan mewujudkan pesertaa Bimtek sebagai mitra aktif, produktif, evaluatif terhadap semua langkah dan gerakan kampanye makan ikan untuk masyarakat.

Untuk itu, Adnan Marjuk meminta keseriusan dari seluruh anggota Forikan Boalemo dalam mengajak masyarakat menjadi masyarakat yang giat mengonsumsi ikan segar, agar tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Sementara itu, Replin Kamumu, SE sebagai Kabid Bina Mutu DKP Boalemo menambahkan, pelaksanaan Bimtek bagi para pengurus Forikan Kabupaten Boalemo ini diharapkan menjadi salah satu kompetensi dalam mendukung visi dan misi pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan ke depan melalui kegiatan ini sasaranya akan kita ubah sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh bapak Bupati Boalemo yang melibatkan pihak pemasar, pengolah, sampai ke aparat desa,” ujar Replin.

Sebab, lanjut Replin, sasaran ayo makan ikan ini di fokuskan kepada masyarakat menengah ke bawah, dan khususnya kepada anak-anak usia dini sampai dewasa.

“Makan ikan bisa meningkatkan kecerdasan anak bangsa, filosofi cerdas inilah yang bisa kita petik. Sebab cerdas bisa menghasilkan apapun, karena bila anak cerdas bisa memutuskan tali kemiskinan,“ terang Replin Kamumu. (kab/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 12856
  • 14483