HUT RI ke-75, Misranda Nalole: Merdeka Itu Bebas dari Masalah Kesehatan

DM1.CO.ID, GORONTALO: Pada momen perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 (17 Agustus 1945), tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2020 ini, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo ikut berpartisipasi dalam penilaian Lomba Pemanfaatan Pekarangan Pangan Keluarga.

Pada kesempatan tersebut, Misranda E. U. Nalole, M.Si selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo memberikan sejumlah penjelasan penting.

Misranda menyebutkan, lomba Pemanfaatan Pekarangan Pangan Keluarga ini adalah bagian dari program Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, yang mengajak semua pihak untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumah. Yaitu dengan menanam berbagai jenis tanaman, termasuk sayur-mayur, guna membantu rumah tangga dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi.

Menurut Misranda, paradigma sehat harus dimiliki oleh setiap orang. “Sehingga kita bisa merasakan kemerdekaan yang sejati, terutama bebas dari masalah kesehatan sehingga dapat lebih produktif dalam beraktivitas,” ujar Misranda.

Apalagi saat ini, lanjut Misranda, dunia masih sedang gencar diserang virus Corona. “Kita menjalani adaptasi kebiasaan baru. Maka merdeka dari Covid19 dapat betul-betul kita raih, apabila kita selalu mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta berperilaku hidup bersih dan sehat melalui Germas,” jelasnya.

Selain itu, nuansa peringatan HUT Republik Indonesia ke-75 ini, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo juga mempersembahan sebuah video klip: Rayuan Pulau Kelapa Cinta NKRI.

Dalam video itu, Misranda mengungkapkan, Indonesia memiliki keelokan dan keindahan alam, baik dari kepulauannya, pantai hingga flora dan fauna. “Untuk itu patutlah kita bersyukur mencintai dan berbahagia telah lahir serta hidup di negeri yang sarat dan kaya dengan keragaman budaya,” kata Misranda.

Video yang berdurasi 5:37 menit itu berisi lagu yang dibawakan langsung oleh kru Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dan dapat diakses di Youtube (klik di sini)

Misranda menambahkan, bahwa menumbuhkan sikap bela negara yang tinggi merupakan bentuk cinta terhadap tanah air. Disebut sebagai bela negara bukan hanya rasa yang tertanam dalam diri saja, namun ikut mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara demi kelangsungan suatu bangsa.

“Dan diharapkan dapat menumbuhkan sikap nasionalisme serta kecintaan kita terhadap bumi pertiwi. Jayalah Indonesia, merdeka bangsaku. Kobarkan terus semangat patriotisme dan Pancasila sebagai semangat jiwa demi persatuan dan kesatuan bangsa,” tandas Misranda. (kab/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

17.619 views

Next Post

Upacara HUT RI ke-75, Wali Kota Marten Taha Ajak Tetap Berkarya Tanpa Batas

Sel Agu 18 , 2020
DM1.CO.ID, GORONTALO: Kemerdekaan dimaknai dalam bentuk saling menghargai dan menghormati, juga sebagai bukti, bangsa Indonesia memiliki kekuatan, dan tidak bisa dipandang remeh oleh bangsa manapun. Komentar anda :