Harga Migor di Gorontalo Dikabarkan Naik Tertinggi, Gubernur Rusli Habibie Minta Masyarakat Jangan Panik

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Harga minyak goreng (Migor), pada Selasa (26/10/2021), tiba-tiba mengalami kenaikan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dan dikabarkan, harga tertinggi terjadi di Provinsi Gorontalo.

Kabar inipun membuat Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, langsung bereaksi menginstruksikan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo, untuk mengecek kebenaran kabar kondisi kenaikan harga Migor tersebut.

Alhasil, dari peninjauan di lapangan yang langsung dilakukan Risjon Sunge selaku Kepala Dinas (Kadis) Kumperindag Provinsi Gorontalo, mengakui bahwa kenaikan harga minyak goreng memang terjadi di sejumlah tempat perdagangan.

Tetapi, kata Risjon Sunge, kenaikan harganya itu tidak terlalu signifikan. “Harga di tingkat distributor bahkan yang paling aman,” ujar Risjon Sunge, Rabu (27/10/2021).

 

Ia mengungkapkan, kenaikan harganya bervariasi. “Naik Rp.150 sampai Rp.300 per liter ataupun per kilogram. Tapi memang ada satu supermarket yang menaikkan hampir 100 persen, namun itu sudah kami tegur,” ungkap Risjon Sunge.

Untuk stok minyak goreng sendiri, kata Risjon Sunge, bisa dipastikan tersedia hingga 3 bulan ke depan, atau sampai akhir Desember tahun ini. “Dan olehnya itu, Bapak Gubernur meminta kepada masyarakat agar tidak panik menyikapi kabar kenaikan harga minyak goreng ini,” tutur Risjon Sunge.

Telebih, lanjut Risjon Sunge, pihak Dinas Kumperindag sudah mengeluarkan imbaun resmi kepada seluruh distributor dan juga kepada para pedagang.

Dalam surat imbauan bernomor: 751/DKUPP/3240/X/2021 tertanggal 26 Oktober 2021 ditekankan 5 poin penting. Yakni, mengimbau kepada setiap produsen maupun distributor agar memastikan ataupun menjamin ketersediaan stok minyak goreng cukup hingga 3 bulan ke depan.

Dinas Kuperindag juga menegaskan kepastian stok juga termasuk jaminan ketersediaan pada momen hari besar keagamaan nasional ( yakni Hari  Natal dan Tahun Baru).

Selain itu, dalam surat imbauannya, Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo juga menekankan agar membatasi setiap pembelian dalam jumlah besar dengan indikasi yang tidak wajar bagi setiap agen/pengecer, dalam upaya mengantisipasi terjadinya penimbunan.

Ketegasan lain yang ditekankan oleh Diskumperindag adalah mewajibkan kepada seluruh unsur terkait untuk meyampaikan laporan ketersediaan stok kepada pemerintah jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selanjutnya, Diskumperindag tak lupa mengingatkan untuk tetap aktif berkoordinasi dengan pihak pemerintah dan aparat keamanan jika terjadi kendala dalam proses distribusi. (dms/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

448 views

Next Post

Apel Kerja Desa se-Kecamatan Bone Dipusatkan di Molamahu, Diwarnai Penyerahan Santunan Duka BPJS

Rab Okt 27 , 2021
DM1.CO.ID, BONE-BOLANGO: Pemerintah Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, menggelar apel kerja yang dipusatkan di Lapangan Hijau Desa Molamahu, pada Senin (25/10/2021). Komentar anda :
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296