HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Gebyar Apangi Meriahkan Penutupan HUT-RI ke 74 di Kecamatan Suwawa Timur

Bagikan dengan:

Wartawati: Resti Djalil Cono | Editor: AMS

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-74 yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Suwawa Timur, ditutup bersamaan dengan penyambutan 1 Muharam 1441 H.

Kegiatan yang mengusung Tema “Gebyar Apangi” tersebut dilaksanakan pada Ahad malam (1/09/2019), di lapangan Desa Dumbayabulan.

Dalam sambutannya Maxmilian Ali selaku Camat Suwawa Timur mengatakan, acara ini merupakan wadah dari pemerintah dan masyarakat untuk mempererat silaturahmi, serta keharmonisan yang akhir-akhir ini di Indonesia cukup memprihatinkan tentang hubungan keharmonisannya.

“Kegiatan ini sengaja dibuat agar ukhuwah kita di Suwawa Timur semakin terjaga dan kompak, serta antar pemerintah kecamatan dengan masyarakat tidak ada sekat , sehingganya komunikasi terjalin bagus,” jelasnya

Acara ini ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ishak Ntoma mewakili Bupati Bone Bolango. Sekda Ishak pada kesempatan itu sempat memberikan pujian terhadap Kecamatan Suwawa Timur.

Menurut Sekda Ishak, Kecamatan paling Timur di Suwawa ini sudah cukup sejahtera, serta tingkat ekonominya cukup tinggi. “Terbukti dengan mayoritas rumah elit, bahkan tidak ada lagi penampakan rumah tidak layak huni di sini. Bahkan bisa bersaing dengan rumah-rumah di kompleks perkotaan,” puji Ishak.

Selain Ketua DPRD Bone Bolango sementara, Khalid Tangahu, sejumlah anggota DPRD Bone Bolango Dapil Suwawa Cs yang baru dilantik juga tampak hadir dalam acara ini.

Khalid Tangahu menyampaikan, eksistensi anggota dewan di dunia pemerintah adalah penampung, penyalur aspirasi masyarakat. “Kita bukan anggota eksekutif yang bisa berjanji langsung memberikan ini itu. Itu tupoksi bupati serta jajaran. Kita di sini sebagai penguat masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya, kita adalah suara rakyat, semoga bisa amanah,” ujar Khalid.

Diinformasikan pula, bahwa para anggota dewan yang hadir bukan cuma merupakan tamu, melainkan sponsor langsung acara ini. Seperti Usman Hulopi , Erick Sabubu, memperlihatkan langsung eksistensinya berbaur langsung dengan masyarakat, serta menjadi ide awal sehingga acara ini bisa terwujud.

Camat Suwawa Timur bahkan menyampaikan aspirasi, bahwa jika tanpa bantuan dari masyarakat, serta dukungan penuh dari para anggota dewan, maka Apangi berukurun 30 Cm sebagai ratu, serta berbagai ukuran Apangi dengan jumlah 2019 biji itu tidak akan terwujud.

“Masyarakat saya sangat antusias dengan acara ini, terbukti apangi berjumlah itu bisa terwujud. Sengaja dibuatkan sejumlah 2019 sesuai dengan tahun ini,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan lomba makan Apangi, penyerahan hadiah serta piagam-piagam di lomba Agustusan. Bahkan ada bonus dari sponsor (anggota dewan) berupa uang bagi siapa yang makan Apangi terbanyak pada acara tersebut.

Camat Suwawa Timur pun berharap agar hikmah acara ini adalah tetap menjaga ukhuwah. “Serta jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu murahan untuk memecah belah persaudaraan kita. Konflik hanya akan memecah-belah persatuan serta merugikan banyak pihak ,” tutupnya. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 13109
  • 12583
  • 12541
  • 13368
  • 13325
  • 12952
  • 12713
  • 12714
  • 13108
  • 13326