HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Desa Buko Selatan Fokuskan Pembangunan Sanitasi dan Pendidikan

Bagikan dengan:
Wartawan: Mulkan Hidayatulah||Editor: AMS

DM1.CO.ID, BOLMUT: Pembangunan di Desa Buko Selatan, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), masih difokuskan pada program Sanitasi dan juga di bidang pendidikan.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Desa (Kades) Buko Selatan, Djoni Djefri Pantow, kepada DM1, Senin (22/7/2019).

Kades Djoni mengungkapkan, jumlah penduduk Desa Buko Selatan saat ini adalah 596 jiwa. “Dari jumlah penduduk itu, 80 persen adalah bermata-pencaharian sebagai petani,” ujar Kades Djoni.

Dari program-program kerja yang ada, kata Kades Djoni, pembangunan sanitasi dan peningkatan bidang pendidikan adalah program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Desa Buko Selatan. “Sanitasi lingkungan dan bidang pendidikan sangat prioritas,” kata Djoni.

Selaku pemerintah desa, Kades Djoni membeberkan, tahun anggaran 2015 sampai 2020 tetap akan direncanakan jamban keluarga.

Sementara untuk pembangunan di bidang pendidikan, Kades Djoni menyebutkan, bahwa satu-satunya fasilitas pendidikan yang ada di desa ini adalah hanya berupa TK/PAUD, bernama PAUD Al-Zikra. “Pembangunan sekolah TK/PAUD Al-Zikra itu sudah dilakukan sejak tahun 2016 hingga 2017,” tutur Kades Djoni.

Ia menegaskan, pihaknya amat membutuhkan adanya dukungan dari pemerintah daerah maupun pusat untuk merealisasikan program peningkatan pendidikan di Desa Buko Selatan ini.

“Terus terang kami pemerintah desa sangat peduli dengan pendidikan. Gedung SD dan SMP sampai saat ini belum ada di desa ini,” ungkap Kades Djoni.

Kepedulian Kades Djoni terhadap pembangunan di bidang pendidikan dibuktikan dengan berhasilnya menjadikan desa ini sebagai percontohan TK/PAUD tingkat kabupaten dan provinsi. “TK/PAUD di desa ini sementara proses terakreditasi,” ujar Kades Djoni.

Kades Djoni juga mengungkapkan sejumlah program kerja yang telah ditunaikan. Seperti pembangunan drainase, bantuan ternak sapi, dan pembangunan Polindes.

Selain itu, lanjut Kades Djoni, beberapa bantuan dari daerah juga telah terealisasi dalam mendukung program pertanian.

Untuk di bidang kesehatan, Kades Djoni mengungkapkan program yang belum jalan maksimal salah satunya adalah Posyandu. “Gedung Posyandunya sudah ada dan sudah berjalan, namun sampai saat ini masih sementara dibenahi sarana-prasarana serta fasilitasnya, insyaAllah anggaran tahun depan bisa terealisasi,” tutur Kades Djoni.

Pada momen peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini, Kades Djoni pun berharap agar pembangunan bisa lebih berjalan lancar, aman dan tertib.

Kades Djoni pun mengajak seluruh pihak, terutama masyarakat Desa Buko Selatan agar dapat berpartisipasi mengisi kemerdekaan ini, yakni dengan cara mempersembahkan yang terbaik buat bangsa dan negara. (mul/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 12856
  • 14483